Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub Bekasi Cek Kelayakan Jalan Angkutan Mudik Jelang Libur Lebaran

Kompas.com - 14/04/2022, 11:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi lakukan inspeksi keamanan pada angkutan mudik yang ada di Terminal Induk Kota Bekasi pada Rabu (13/4/2022).

Pengecekan dilakukan terhadap armada bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik lebaran yang akan datang. Bus yang tidak layak jalan akan dikeluarkan dari terminal induk untuk sementara waktu.

Baca juga: Hino Siapkan Layanan Darurat Selama Masa Mudik Lebaran 2022

Disitat dari Kompas Megapolitan, Kepada Bidang Pengendalian Operasional (Kabid Dalops) Dishub Kota Bekasi Ikhwanuddin mengatakan bahwa dari hasil pengecekan, hampir 92 persen bus angkutan Lebaran sudah layak jalan.

"Yang kita temukan tidak layak, akan kita keluarkan dari terminal untuk perbaikan dulu, nanti masuk sudah bisa layak jalan," ucap Ikhwan seperti dikutip Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Dijelaskan, pengecekan yang dilakukan yaitu kelayakan jalan kendaraan. Mulai dari sistem pada kendaraan, sistem rem, sistem kemudi dan sistem roda kendaraan.

Dinas Perhubungan Gunungkidul Memeriksa Bus untuk Kesiapan Mudik Lebaran 2022KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Dinas Perhubungan Gunungkidul Memeriksa Bus untuk Kesiapan Mudik Lebaran 2022

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Kemudian bersama pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Satpol PP dan stakeholder, ada rencana untuk mendirikan setidaknya delapan posko pelayanan di sekitar Kota Bekasi.

Harapannya, pos-pos tersebut bisa membantu memudahkan masyarakat yang akan mudik dan melancarkan kegiatan mudik tahun ini.

"Ada delapan posko yang ditetapkan. Mulai dari Harapan Indah sampai ke Bulak Kapal, Tongyang. Itu kita akan adakan posko," ucap Ikhwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com