Veloz Jadi Salah Satu Kontributor Terbesar Penjualan Toyota

Kompas.com - 15/04/2022, 03:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menyatakan bila salah satu model kendaraan keluarga andalannya, yakni Veloz berhasil menjadi kontributor signifikan terhadap penjualan domestik dan ekspor.

Bahkan dalam data penjualan nasional dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produk otomotif tersebut konsisten berada pada posisi ke-15 besar.

Sementara untuk ekspor, sebagaimana data yang dirilis PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), bersama Kijang Innova, Sienta, Town/Lite Ace, dan Avanza, berhasil jadi kontributor terbesar nomor dua.

Baca juga: Penjualan Toyota Naik Jelang Lebaran

Test drive Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021toyota Test drive Toyota All New Avanza dan Veloz di Bali, 7-9 November 2021

"Veloz menjadi kontributor untuk kita yang cukup besar. Setiap bulannya, produksi Veloz sekitar 9.000 unit, itu termasuk domestik dan ekspor," kata Direktur Corporate Affairs TMMIN, Bob Azam, Kamis (14/4/2022).

Diketahui, varian teratas dari Avanza ini telah menjalani debut ekspor ke total 16 negara yang meliputi empat bunia dunia. Pada awalnya, mobil hanya diproduksi sekitar 4.000 unit sampai 4.500 unit per-bulan.

Adapun mobil, merupakan salah satu produk otomotif Toyota yang dibuat di Pabrik 2 Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Ekspor Mobil Toyota Buatan Indonesia Naik 48 Persen pada Kuartal Pertama 2022

Menurut Bob, mobil yang dikembangkan khusus di Indonesia ini akan jadi model global Toyota dan bakal diproduksi juga di negara lain.

Toyota Veloz mengikuti jejak kakaknya Toyota Kijang Innova yang lebih dahulu menjadi global model," ujarnya dalam kesempatan terpisah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.