Kompas.com - 13/04/2022, 15:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki dan SkyDrive pengembang kendaraan asal Jepang bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan terbang atau drone alat angkut penumpang.

SkyDrive sendiri telah mendemonstrasikan kendaraan terbang sejak pertengahan tahun 2020. Adapun baru-baru ini, perusahaan telah bekerja sama dengan produsen otomotif Jepang, Suzuki.

Saat ini SkyDrive telah punya SkyDrive SD-03, prototipe kendaraan terbang satu penumpang. Ke depan perusahaan aka mengembangkan lagi yang model dua penumpang bernama SD-05.

Baca juga: Vespa Edisi Justin Bieber Resmi Meluncur

SkyDrive SD-03, prototipe kendaraan terbang satu penumpang.Foto: Greatbiker SkyDrive SD-03, prototipe kendaraan terbang satu penumpang.

Adapun SkyDrive SD-05 kini sedang mengurus untuk mendapat sertifikasi dari Kementerian MLIT Jepang yang membawwahi di bidang transportasi, pariwisata dan transportasi.

Mengutip Greatbiker, SkyDrive ingin jadi salah satu peserta World Exposition 2025, Osaka. Perusahaan ingin dikenal sebagai perusahaan transportasi umum.

Adapun SD-05 akan menjadi proyek percontohan sebelum diadaptasi ke sistem angkutan massal di Jepang. Namun rincian SD-05 baru akan diungkapkan sebelum pameran berlangsung.

Baca juga: Bos Repsol Honda Sebut Marquez Selangkah Lebih Maju dari Para Rival

SkyDrive SD-03, prototipe kendaraan terbang satu penumpang.Foto: Greatbiker SkyDrive SD-03, prototipe kendaraan terbang satu penumpang.

Baik SkyDrive dan Suzuki ditengarai akan melakukan uji sistem penuh tiga bulan sebelum diperkenalkan ke publik, mulai dari sistem penerbangan, jalur penerbangan, dan keamanan.

Perjanjian

Kontrak kerjasama SkyDrive dan Suzuki, akan mulai mempertimbangkan untuk berkolaborasi di bidang bisnis dan teknologi, termasuk R&D, perencanaan produksi, dan sistem produksi massal.

Keduanya akan mengembangkan pasar internasional, dengan fokus pada aplikasi domestik dan luar negeri dengan India sebagai target pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.