Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Jasa Marga Antisipasi Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 13/04/2022, 14:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk perkirakan kemacetan mudik Lebaran 2022 akan terjadi di beberapa titik ruas Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke Timur.

Sehingga, diperlukan rekayasa lalu lintas dari contraflow sampai one way alias satu lajur agar lalu lintas tetap terjaga dan aktivitas mudik aman dan nyaman.

"Ke arah tol sebelah timur (jalur rawan macet). Baik Jakarta-Cikampek, Semarang, Banten, dan seterusnya," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator, Dwi Winarsa, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Arti Indikator Eco pada Mobil

Cek tarif tol Jakarta Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022 KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Cek tarif tol Jakarta Semarang terbaru untuk persiapan mudik Lebaran Idul Fitri 2022

Adapun rekayasa ini, lanjut dia, berada di Km 47 sampai Km 61 jika terjadi kemacetan.

Selanjutnya, Jasa Marga juga berencana memfungsikan jalur alternatif Sadang sampai Kutanegara di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Kemudian juga akan melaksanakan waktu operasi pengangkutan barang sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasi PT Jasa Marga Tollroad Operator, Yoga Trianggoro, menyebut kemacetan juga diprediksi terjadi di Km 66 Tol Cikampek.

Kepadatan lalin saat mudik diprediksi berimbas ke gerbang tol Cikampek Utama, Tol Kalikangkung, hingga Tol Banyumanik.

Baca juga: Polres Bandung Siapkan Rekayasa Lalin Jelang Mudik Lebaran 2022

Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kendaraan melintasi Tol Pejagan - Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik lebaran H-6, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran meski kondisi fisik jalan masih jelek. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Contohlah saya ambil pertemuan dari Timur dan Selatan di Km 66, lalu gerbang Tol Cikampek Utama, lalu di daerah Semarang Kalikangkung, hingga Banyumanik," katanya.

Ia menyebut untuk gerbang Tol Cikampek Utama sudah diantisipasi dengan penambahan mobile reader. Di sisi lain, Jasa Marga juga menyiapkan beberapa skema untuk mengurai kemacetan.

"Apabila ada gangguan kita tambah personel untuk cepat bisa evakuasi. Baik itu contraflow (lawan arus) ataupun one way (satu arah) pasti akan kita lakukan," kata Yoga.

Selain itu, Jasa Marga menambah kapasitas transaksi, penambahan gardu, sampai layanan mobile reader. Diharapkan masyarakat yang hendak melakukan mudik terus tertib, mentaati diskresi petugas di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com