Kawal Mudik Lebaran 2022, Polri Terjunkan 166.743 Personel

Kompas.com - 13/04/2022, 14:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Demi mengawal kelancaran arus mudik Lebaran 2022, Polri menerjunkan ratusan ribu personel yang berasal Mabes Polri.

“166.743 (personel) Mabes, Polda dan instansi terkait lainnya,” ujar Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, disitat dari NTMC Polri (13/4/2022).

Meski begitu, Eddy belum memerinci secara jelas sistem pengawalan yang akan diterapkan kepolisian. Menurutnya, keterangan lengkap akan disampaikan lebih lanjut.

Baca juga: Inden Suzuki Jimny Ditutup, tapi Banyak yang Paksa Beli

Jasa Marga mencatat sebanyak 165.752 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 libur Isra Miraj Tahun 2022 atau 25 Februari 2022. Dok. Jasa Marga Jasa Marga mencatat sebanyak 165.752 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-3 libur Isra Miraj Tahun 2022 atau 25 Februari 2022.

“Nanti ya. Saya mau rapat,” kata Eddy.

Sebelumnya, sejumlah langkah disiapkan polisi dalam mengantisipasi kemacetan mudik Lebaran 2022 nanti. Polisi memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 29-30 April.

“Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30, sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8,” ucap Eddy (8/4/2022).

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Eddy menambahkan, ada beberapa titik wilayah yang dapat berpotensi terjadi kemacetan. Di antaranya jalur arteri hingga tempat wisata.

“Titik-titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri/nasional, tol dan wisata, namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” tutur Eddy.

Sementara, polisi bakal melakukan upaya buka tutup serta contra flow pada arus tol. Hal itu guna menghindari penumpukan pada rest area maupun pada jalur tol.

“Untuk rest area kita siapkan CB (cara bertindak) buka tutup dan contra flow,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.