Jajal New Honda Genio, Konsumsi BBM Tembus 51,8 Km per Liter

Kompas.com - 13/04/2022, 15:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan New Honda Genio pada Maret 2022. Setelah membahas tampilannya, kini saatnya kita ungkap rasa berkendara skutik seharga Rp 18,695 jta (tipe CBS) dan Rp 19,290 juta (tipe CBS ISS).

Secara umum, motor ini memiliki karakter yang ringan dan responsif di putaran bawah. Genio terbaru tampaknya cocok buat pengendara pemula seperti pelajar ataupun wanita.

Ciri khas ringan tak lepas berkat rangka eSAF (enhanced smart architecture frame). Rangka ini dibuat pakai pelat baja yang dipotong lalu dicetak, kemudian disambung pakai las laser.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Ilustrasi Honda Genio 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Genio 2022

Proses pembuatannya persis rangka mobil berjenis monokok nih. Makanya bentuk rangka kedua motor ini mengotak, bukan pipa bulat lagi. Dibandingkan rangka model pipa, rangka eSAF ini punya bobot sekitar 4 kg lebih ringan.

Saat didorong-dorong, misal ketika parkir, motor terasa ringan dan tidak menyusahkan. Begitu juga saat akan distandar dua, Genio terbaru mudah sekali diangkat.

Sementara itu, tarikan ringan motor ini berasal dari mesin yang punya karakter over stroke, di mana piston pakai ukuran 47 mm dan langkah 63,1 mm.

Baca juga: Inden Suzuki Jimny Ditutup, tapi Banyak yang Paksa Beli

Jika dibandingkan dengan mesin 110 cc lawas dari Honda, ukuran pistonnya 50 mm dan langkahnya 55,1 mm.

Perubahan ini dilakukan karena Honda ingin membuat mesin ini punya tarikan responsif, namun juga mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Di atas kertas, tenaga mesin ini mencapai angka 9,0 PS atau setara 7 tk pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 pada 5.500 rpm.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Medan Magnet di Pelintasan Kereta Buat Mobil Mogok?

Test ride Honda Genio terbaruKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Genio terbaru

Walau demikian, karena dibuat untuk mengejar putaran bawah yang responsif, tarikan atasnya agak lambat, butuh waktu lama mencapai topspeed.

Bicara soal konsumsi bahan bakar, berdasarkan pengetesan Kompas.com dengan metode full to full, New Honda Genio bisa menghasilkan 51,8 km per liter ketika diisi dengan BBM RON 92.

Angka ini didapat setelah menempuh jarak lebih dari 100 km melewati rute kombinasi, seperti jalan macet di perkotaan, jalan perumahan yang membutuhkan stop and go, hingga jalan lengang dengan kecepatan rata-rata tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.