Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Mobil Listrik Formula E, Balap Masa Depan

Kompas.com - 11/04/2022, 16:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil listrik prototipe tersebut akan berlangsung di sirkuit yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Meski terbilang masih baru, balapan ini cukup cepat berkembang. Saat ini Formula E merupakan kejuaraan balap mobil tingkat dunia.

Baca juga: Cek Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jakarta Hari Ini

Di Indonesia Formula E belum sepopuler ajang balap mobil lain semisal Formula 1 atau balap motor MotoGP.

Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-PrixDok. FEO Spesifikasi Sirkuit Ancol untuk Formula E alias Jakarta E-Prix

Meski demikian, Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, percaya jika ajang itu sudah terselenggara maka akan populer di masyarakat.

"Memang ini balapan masa depan. Tidak ada suaranya. Jadi orang menikmati seperti main game. Tapi dilihat mobil listrik ialah masa depan, dan ini sudah ada balapannya," katanya saat ditemui di Jakarta, Minggu (11/4/2022).

Buat yang masih asing dengan Formula E cara balapannya berbeda dengan Formula 1. Balapnya tidak pakai lap melainkan pakai waktu dengan durasi 45 menit ditambah 1 putaran.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas untuk Mudik, Avanza Mulai Rp 80 Jutaan

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Di empat musim pertama, para pebalap wajib masuk pit stop mengganti mobil. Tapi setelah era mobil Gen2 tak diperlukan lagi. Sebab baterainya kini sanggup menyuplai daya sampai akhir balapan.

Formula E pertama kali digagas presiden FIA Jean Todt dan Alejandro Agag, yang sekalian juga pendiri dan CEO Formula E Holdings. pada 201.

Balapan pertama digelar di Beijing, Tiongkok, pada September 2014. Kejuaran ini kemudian berkembang dan sejak 2020 Formula E berstatus kejuaraan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com