Alasan Servis AC Mobil Lebih Baik ke Bengkel Spesialis Terpercaya

Kompas.com - 12/04/2022, 18:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian penting di mobil adalah air conditioner (AC). Komponen ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, apalagi ketika cuaca panas.

Untuk itu, penting bagi pemilik atau pengendara agar selalu menjaga kondisi AC tetap terawat, sehingga bisa bekerja secara optimal. AC yang tidak dirawat lama kelamaan akan menjadi kurang dingin hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Baca juga: Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menyatakan, idealnya AC dirawat setiap tiga bulan sampai enam bulan sekali. Menurutnya, kebanyakan AC mobil rusak karena tak diperhatikan pemilik kendaraan.

filter ac mobilmotoris.id filter ac mobil

Selain itu, banyak juga yang mengandalkan servis AC di bengkel resmi. Padahal, servis di bengkel resmi tidak selalu melakukan pengerjaan AC secara detail. Pada umumnya, yang dikerjakan hanya servis ringan, seperti membersihkan filter AC.

“Seperti komponen receiver dryer yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC," kata Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perhatikan Ciri AC Mobil yang Mulai Rusak

"Kemudian expansion valve yang berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas, oli kompresor atau flushing. Ini jarang dilakukan di diler,” katanya.

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

Maka itu, ada baiknya juga melakukan perawatan AC di bengkel spesialis. Agar udara yang dihasilkan oleh AC tidak hanya dingin, tapi juga lebih bersih dan sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.