Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Kompas.com - 23/03/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat beberapa kebiasaan yang diyakini dapat merusak komponen pada AC mobil.

Salah satunya, yang paling umum ialah anggapan bahwa membuka kaca mobil saat kondisi AC menyala dapat membuatnya menjadi tidak dingin dan tidak berfungsi optimal.

Lantas, apakah kebiasaan ini benar dapat merusak komponen AC mobil?

Baca juga: Jangan Matikan AC Mobil Saat Berkendara Kondisi Hujan

Pemilik bengkel spesialis AC mobil Premium 99 Muhammad Gunawan membenarkan bahwa kebiasaan ini bisa merusak AC mobil dalam jangka waktu yang panjang.

"Karena udara luar membawa kotoran masuk ke dalam kabin. Kotoran ini nantinya yang akan bersarang di komponen filter kabin dan membuat kerja kompresor membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai temperatur ruangan yang diinginkan," ucap Gunawan seperti dikutip Kompas.com.

Saat kaca mobil dibuka dan AC masih menyala, udara yang masuk ke dalam kabin tidak terfiltrasi dan justru masuk ke dalam komponen AC.

Kotoran yang masuk ke dalam filter inilah yang dapat merusak kinerja AC mobil. Maka, penting bagi pemilik kendaraan untuk mengecek kebersihan filter agar kinerja AC tetap terjaga.

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Baca juga: Jadi Armada Motor Listrik Grab, Begini Spesifikasi Smoot Tempur

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, saat ini mobil memang sudah dilengkapi dengan cabin air filter.

"Mobil sekarang sudah dilengkapi dengan cabin air filter, yang berfungsi untuk mencegah kotoran dari dalam kabin masuk ke dalam evaporator dan dapat menyebabkan kerusakan evaporator," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Didi mengatakan, perlu dilakukan pemeriksaan dan penggantian filter secara berkala. Agar filter tetap bersih dan dapat menyaring udara yang masuk ke dalam kabin mobil.

Agar tidak cepat kotor, maka pemilik kendaraan disarankan untuk tidak menyalakan AC saat akan membuka kaca mobil, sehingga kinerja cabin air filter tidak terlalu berat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.