Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Servis AC Mobil Lebih Baik ke Bengkel Spesialis Terpercaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian penting di mobil adalah air conditioner (AC). Komponen ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, apalagi ketika cuaca panas.

Untuk itu, penting bagi pemilik atau pengendara agar selalu menjaga kondisi AC tetap terawat, sehingga bisa bekerja secara optimal. AC yang tidak dirawat lama kelamaan akan menjadi kurang dingin hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Business Development Rotary Bintaro Kelvin Ong menyatakan, idealnya AC dirawat setiap tiga bulan sampai enam bulan sekali. Menurutnya, kebanyakan AC mobil rusak karena tak diperhatikan pemilik kendaraan.

Selain itu, banyak juga yang mengandalkan servis AC di bengkel resmi. Padahal, servis di bengkel resmi tidak selalu melakukan pengerjaan AC secara detail. Pada umumnya, yang dikerjakan hanya servis ringan, seperti membersihkan filter AC.

“Seperti komponen receiver dryer yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam mesin atau sistem AC," kata Kelvin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

"Kemudian expansion valve yang berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas, oli kompresor atau flushing. Ini jarang dilakukan di diler,” katanya.

Maka itu, ada baiknya juga melakukan perawatan AC di bengkel spesialis. Agar udara yang dihasilkan oleh AC tidak hanya dingin, tapi juga lebih bersih dan sehat.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/12/185100415/alasan-servis-ac-mobil-lebih-baik-ke-bengkel-spesialis-terpercaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke