Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Mobil di Tempat Teduh Bisa Cegah Mobil Karatan

Kompas.com - 12/04/2022, 18:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Mobil karatan menjadi permasalahan yang kerap melanda kendaraan. Karatan pada mobil akan membuat tampilan mobil menjadi terganggu.

Bahkan, jika dibiarkan lambat laun karatan tersebut akan mengganggu performa mobil. Tidak hanya mobil lawas atau mobil lama saja, mobil keluaran terbaru juga dapat alami karatan.

Tentunya saat mobil karatan akan membuat pemilik mobil dilema. Tidak mau, pemilik mobil harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk perbaikan.

Baca juga: Chery Luncurkan SUV Hybrid Tiggo 8 Pro PHEV

Agar mobil tetap mulus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna mencegah karatan. Salah satu cara untuk mencegah mobil karatan adalah pemilihan tempat parkir mobil.

“Parkirlah di tempat teduh dan hindari di bawah sinar matahari langsung,” Dwik i T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing pada Kompas.com baru- baru ini.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Parkir di tempat terbuka akan membuat mobil mudah terkena sinar matahari langsung. Apabila terlalu banyak terkena sinar matahari, mobil akan mudah kusam.

Tidak hanya itu saja, saat parkir di tempat terbuka akan mudah terkena air hujan. Usai dijemur di terik matahari, kemudian di guyur air hujan, lambat laun mobil akan korosi.

Baca juga: Bahas Minat Suzuki Ikut Bermain di Segmen SUV Kompak

Oleh karena itu, baiknya memarkir mobil di tempat tertutup agar mencegah karatan pada mobil. Dengan begitu, mobil akan terhindar dari paparan matahari dan juga air hujan.

Agar lebih optimal, Dwiki menyarankan agar mobil di berikan lapisan perlindungan pada cat berupa nano ceramic coating yang dapat mencegah kusam akibat sinar UV matahari.

“Selain itu, mencuci mobil yang benar sangat membantu mencegah karat pada bodi mobil. Gunakan air dan shampoo pH normal dan pastikan keringkan mobil dengan sempurna,” kata Dwiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com