Kompas.com - 12/04/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru, pengemudi disuguhkan beberapa mode berkendara yang bisa diaktifkan sesuai dengan kebutuhan.

Tiga mode berkendara yang paling umum, ialah eco mode, normal mode, dan sport mode. Mode-mode berkendara ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol yang disediakan di bagian interior mobil, biasanya di daerah dasbor sekitar kabin pengemudi.

Masing-masing mode mengatur efisiensi penggunaan bahan bakar saat mobil sedang melaju. Berikut ini tiga mode berkendara yang biasa ditemukan pada mobil:

Baca juga: Viral Foto Anak Kecil Pegang-pegang Supercar, Ingat Etika di Pameran Otomotif

1. Normal Mode

Pada mode ini, mobil berada dalam kondisi normal atau untuk penggunaan sehari-hari. Ketika aktif, pengemudi dapat berkendara dengan nyaman sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan bahan bakar normal, power steering aktif dan suspensi berada dalam kondisi yang nyaman untuk digunakan.

"Untuk normal mode, katakanlah sebagai (mode) ideal berkendara," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

2. Eco Mode

Mode economy atau eco merupakan sebuah fitur yang prioritasnya adalah efisiensi bahan bakar. Disitat dari situs Cars, ketika mode eco diaktifkan, mesin mobil diatur untuk lebih memaksimalkan efisiensi ketimbang performa.

Pada beberapa mobil, mode eco juga bisa mengurangi jumlah energi yang dipakai untuk memanaskan atau mendinginkan suhu di dalamkabin mobil. Beberapa sistem mode eco seperti pada mobil Volvo bisa menghentikan aliran bensin saat pengemudi sedang tidak menginjak pedal gas.

"Kalau (mode) eco atau economy diset di bawah normal mode, performa dan lain-lain. Sehingga, lebih efisien dari normal mode," ujar Didi.

Tiga mode berkendara All New VelozKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tiga mode berkendara All New Veloz

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.