Komparasi Fitur Skutik Entry Level, Honda Genio Vs Yamaha Gear 125

Kompas.com - 12/04/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Genio dan Yamaha Gear 125 sama-sama merilis model terbarunya pada Maret 2022. Meskipun punya penampilan dan kelengkapan berbeda, kedua motor ini mengisi segmen yang sama, yakni skutik entry level.

Daya tarik utama dari New Honda Genio adalan pelek dan ban baru berukuran 12 inci, yang menggantikan lingkar roda 14 inci di model lama.

Ban depan Genio terbaru memiliki ukuran 100/90-12 dan belakang 110/90-12, keduanya tubeless. Genio facelift juga punya tinggi jok berukuran 744 mm.

Baca juga: Kaum Mendang-mending, Pilih Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime?

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Sementara Gear 125 mengusung ban 80/80-14 di depan dan 100/70-14 di belakang. Adapun tinggi joknya mencapai 750 mm.

Berlanjut ke bagian kunci kontak, Genio terbaru punya kunci magnetic pakai fitur pengaman. Sedangkan Gear 125 juga punya fitur yang sama, dan juga ditambah fitur Answer Back System yang berguna untuk mencari motor saat parkir.

Kemudian lampu depan kedua motor sudah LED, sementara lainnya masih bohlam. Genio terbaru punya keunggulan dengan panel meter full digital, sedangkan Gear 125 masih spidometer model jarum.

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Mudik, Polisi Siapkan Skema Ganjil Genap sampai One Way

Brosur Honda Genio 2022Dok. AHM Brosur Honda Genio 2022

Lalu Genio terbaru dan Gear 125 sama-sama dibekali soket charger di bagian rak depan, tapi keduanya butuh konverter tambahan untuk mengecas ponsel.

Untuk menghemat BBM, Gear 125 memiliki fitur Stop & Start System, sementara Genio dengan Idling Stop System. Keduanya juga sudah dibekali pengaman standar samping yang secara otomatis mematikan mesin saat diturunkan.

Bicara soal ruang penyimpanan, Honda mengklaim Genio terbaru memiliki bagasi seluas 14 liter, yang bisa menyimpan berbagai barang, meskipun tidak muat helm.

Baca juga: Alasan Kenapa Kick Starter Banyak Absen di Motor Keluaran Baru

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Sementara Yamaha tidak memiliki data terkait luas bagasinya. Namun karena ruang bagasi juga ditempati oleh aki, otomatis ruang penyimpanan sedikit terkorbankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.