Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Fitur Duo Korsel, Hyundai Creta dan Kia Sonet

Kompas.com - 31/03/2022, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) saat ini semakin ketat. Bahkan beberapa pabrikan sengaja memberikan harga yang cukup kompetitif  agar bisa terjangkau oleh konsumen di segmen menengah.

Dua di antaranya adalah SUV dari pabrikan Korea Selatan yakni Kia Sonet dan Hyundai Creta.

Jika sebelumnya tim redaksi sudah membahas tentang perbandingan eksterior, interior dan performa. Kini saatnya membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki kedua SUV ini.

Saat masuk ke kabin Hyundai Creta, baik pengemudi maupun penumpang bakal disambut dengan fitur yang mewah, seperti panoramic roof berukuran besar. Kemudian disambut dengan TFT berukuran 10.25 inci, ventilated seat, ambient mood lamp, serta cooled glove box di depan penumpang.

Baca juga: Komparasi Interior Hyundai Creta Vs Kia Seltos

Semua varian Hyundai Creta mendapatkan head unit berukuran 8 inci yang bisa terhubung dengan smartphone. Bahkan untuk varian tertinggi (Prime) sudah disematkan speaker premium BOSE atau menjadi pilihan di My Own Creta (opsional).

Creta juga menggunakan fitur Hyundai Bluelink yang menghubungkan mobil dengan smartphone. Berbagai fitur mobil bisa diakses lewat smartphone seperti menyalakan mesin dan mengatur suhu AC serta masih banyak lagi.

Teknologi Bluelink pada Hyundai CretaKompas.com/Donny Teknologi Bluelink pada Hyundai Creta

Begitu juga lewat fitur Hyundai Bluelink bisa mencegah aksi pencurian, karena bisa muncul notifikasinya di smartphone, mengetahui posisi kendaraan, sampai mematikan mesinnya sementara melalui call center.

Disematkan juga fitur yang memudahkan pengemudi seperti Hill Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), dan fitur Smart Sense yang terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping dan Lane Following Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, dan Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

Sementara itu, Kia Sonet dibekali dengan head unit 8 inci yang terintegrasi dengan Apple Carplay serta Android Auto. Perangkat tersebut didukung dengan audio keluaran Bose yang membuat suara di dalam kabin tak perlu dipertanyakan, apalagi ditemani dengan LED Sound Mood Light.

Menegaskan kesan mewah, sunroof pun terpasang di bagian atap. Sedangkan untuk memanjakan pengendara, jok baris pertama yang terbungkus Artificial leather memiliki fitur ventilated seat guna memberikan kesejukan selama perjalanan.

Kia Sonet Resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia

Kia Sonet juga sudah menyematkan fitur smart key with remote starter. Pengendara bisa mengaktifkan mesin mobil dari luar tanpa perlu masuk dan menekan tombol start/stop di dalam kabin.

Sementara, untuk fitur keselamatan, SUV asal Korea Selatan ini cukup dibekali dengan fitur yang mumpuni, seperti hadirnya 6 buah airbag, vehicle stability management (VSM), dan brake assist system (BAS). Fitur seperti ABS, hill-start assist control, electronic stability control (ESC), serta parkir distance warning (PDW) juga sudah tersemat.

Baca juga: Rutin Cuci Mobil Bisa Cegah Karat

Kesimpulannya, Hyundai Creta memang menawarkan fitur yang lebih berlimpah jika dibandingkan Kia Sonet. Namun hal itu juga tidak terlepas dari harga jual Hyundai Creta yang lebih mahal dibandingkan pesaingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com