Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Performa Mesin Hyundai Creta Vs Kia Sonet

Kompas.com - 29/03/2022, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) November 2021, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya, yakni Creta.

Jika dilihat dari spesifikasinya, mobil ini bisa dibilang berhadapan dengan Kia Sonet.

Ada beberapa pertimbangan ketika membeli mobil, selain dari harga, tampilan, fitur, dan konsumsi BBM, adalah performa mesinnya.

Bicara soal performa, keduanya mobil ini dibekali mesin 1.500 cc.

Baca juga: Komparasi Desain Eksterior Honda HR-V Vs Hyundai Creta

Hyundai Creta mengandalkan mesin berkapasitas 1.497 cc, 16 katup, yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 113,4 tk pada 6.300 rpm dan torsi maksimum mencapai 144,1 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai juga menawarkan dua pilihan sistem transmisi, yakni manual 6-percepatan dan otomatis.

Mesin Hyundai CretaKompas.com/Donny Mesin Hyundai Creta

Hanya saja, sistem transmisi otomatis pada Hyundai disebut dengan intelligent Variable Transmission (IVT). Sistem ini sama seperti CVT, tetap menggunakan sepasang puli, tidak menggunakan sabuk baja melainkan chain belt atau rantai.

Adapun Kia Sonet menggunakan mesin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Pengemudi bisa menikmati 6 mode berkendara yang ditawarkan Sonet melalui sistem sistem transmisi 8 percepatan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Di atas kertas, dapur pacu Kia Sonet mampu memuntahkan tenaga 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 144 Nm.

Kia Sonet Resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia

Artinya, untuk sektor performa baik Hyundai Creta maupun Kia Sonet tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja Kia Sonet menawarkan sistem transmisi 8 percepatan.

Baca juga: Pancaka, Yamaha XSR 155 Custom Chopper

Dari segi harga Hyundai Creta hadir dengan enam varian dibanderol mulai Rp 279 juta hingga Rp 399 juta. Sedangkan Kia Sonet, terdapat empat varian untuk model 5 seater-nya, dipasarkan mulai Rp 201,6 juta sampai Rp 299 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com