Balapan Formula E Jakarta Berlangsung Sekitar 35-38 Lap

Kompas.com - 12/04/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil listrik jok tunggal tersebut akan berlangsung pada sirkuit buatan di Ancol, Jakarta Utara.

Sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval. Panjang lintasan 2,4 km dengan 18 tikungan. Lebar sirkuit yaitu 12 meter dengan arus lintasan mengikuti arah jarum jam.

Baca juga: Bus Transjakarta Sudah Beroperasi Normal Setelah Demo

Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).Dok. Istimewa Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).

Cara balapan Formula E sedikit berbeda dengan Formula 1. Balapnya tidak pakai jumlah lap melainkan mengikuti waktu dengan durasi 45 menit ditambah 1 putaran.

Perwakilan Formula E Operation (FEO), selaku promotor Formula E, Nuno Fernandez, mengatakan, dengan spesifikasi tersebut, balapan di sirkuit Ancol akan berjumlah 38 lap.

"Balapan di Jakarta ini sekitar 38 lap. Adapun untuk global, berkisar antara 35 lap sampai 38 lap," kata Nuno saat ditemui akhir pekan lalu di Jakarta.

Baca juga: Hitung Rincian Biaya Bikin SIM A dan SIM C per April 2022

Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.AFP/Getty Images for Kaspersky/Mike Stobe Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.

Nuno menjelaskan balapan dibatasi selama 45 menit ditambah 1 putaran karena meghitung kekuatan baterai. Sebab di Formula E, baterai punya peran sangat penting saat balapan.

Dalam empat musim pertama, para pebalap wajib masuk pit stop mengganti mobil. Tapi setelah era mobil Gen2 tak diperlukan lagi. Sebab baterainya kini sanggup menyuplai daya sampai akhir balapan.

Jumlah lap tersebut juga sesuai dengan prediksi Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, yang mengatakan jumlah balapan akan berkisar 35 lap.

"Sekitar 35 lap," kata Irawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.