Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Balapan Formula E Jakarta Berlangsung Sekitar 35-38 Lap

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil listrik jok tunggal tersebut akan berlangsung pada sirkuit buatan di Ancol, Jakarta Utara.

Sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval. Panjang lintasan 2,4 km dengan 18 tikungan. Lebar sirkuit yaitu 12 meter dengan arus lintasan mengikuti arah jarum jam.

Cara balapan Formula E sedikit berbeda dengan Formula 1. Balapnya tidak pakai jumlah lap melainkan mengikuti waktu dengan durasi 45 menit ditambah 1 putaran.

Perwakilan Formula E Operation (FEO), selaku promotor Formula E, Nuno Fernandez, mengatakan, dengan spesifikasi tersebut, balapan di sirkuit Ancol akan berjumlah 38 lap.

"Balapan di Jakarta ini sekitar 38 lap. Adapun untuk global, berkisar antara 35 lap sampai 38 lap," kata Nuno saat ditemui akhir pekan lalu di Jakarta.

Nuno menjelaskan balapan dibatasi selama 45 menit ditambah 1 putaran karena meghitung kekuatan baterai. Sebab di Formula E, baterai punya peran sangat penting saat balapan.

Dalam empat musim pertama, para pebalap wajib masuk pit stop mengganti mobil. Tapi setelah era mobil Gen2 tak diperlukan lagi. Sebab baterainya kini sanggup menyuplai daya sampai akhir balapan.

Jumlah lap tersebut juga sesuai dengan prediksi Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, yang mengatakan jumlah balapan akan berkisar 35 lap.

"Sekitar 35 lap," kata Irawan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/12/122200215/balapan-formula-e-jakarta-berlangsung-sekitar-35-38-lap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke