Mengenal Pesona Motorhome di IIMS Hybrid 2022

Kompas.com - 08/04/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 sudah memasuki hari ketujuh. Tampak area pameran masih ramai dipadati pengunjung, walaupun memasuki bulan puasa.

Tidak hanya mobil dan motor, pengunjung juga bisa melihat berbagai booth lain seperti tempat aksesori mobil, mainan, apparel dan lain sebagainya. Salah satu booth yang terlihat menarik di area outdoor pameran ialah Overland Experience, yang berisi beberapa mobil motorhome berukuran besar.

Mobil-mobil yang dipajang di booth ini beberapa di antaranya merupakan kendaraan milik anggota komunitas Indonesia Motorhome Club, yang sudah pernah dibawa pergi berkeliling untuk perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Bisa Lihat Beragam Motorhome di IIMS Hybrid 2022

Hadir di pameran ini, Umbu Tedy, Ketua Indonesia Motorhome Club sekaligus Head Division Motorhome Baze. Saat ditemui redaksi Kompas.com di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, ia menjelaskan bahwa ini merupakan kali pertamanya booth motorhome dibuka sebagai komunitas di pameran otomotif.

"Secara komunitas, baru pertama kali (buka booth di pameran). Tapi, waktu saya di pameran yang sebelumnya di tahun 2018, itu juga sudah ada teman-teman yang menjelajah perkembangan otomotif. Itu pernah datang ke tempat kita, lihat unit kita, akhirnya berkembang. Lama-lama jadi (komunitas) motorhome ini," ucap Umbu pada Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Interior motorhome milik Umbu Tedy yang dipajang di booth Baze saat IIMS 2022, Kamis (7/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Interior motorhome milik Umbu Tedy yang dipajang di booth Baze saat IIMS 2022, Kamis (7/4/2022)

Berbeda dengan kendaraan lain, motorhome merupakan mobil yang sudah dimodifikasi menyerupai tempat tinggal. Isinya beragam, mulai tempat tidur, alat masak, alat makan; bahkan beberapa mobil yang dipajang memiliki toilet di dalamnya.

Motorhome biasa dipakai untuk perjalanan jarak jauh, misalnya perjalanan ke luar kota atau antar pulau. Pengguna motorhome juga akan memanfaatkan kapal feri untuk menyeberang ke pulau lain.

Umbu mengatakan, target utama dari komunitas ini membuka booth motorhome adalah untuk menginspirasi orang untuk membuat motorhome.

Motorhome milik Umbu Tedy yang dipajang di booth Baze saat IIMS 2022, Kamis (7/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Motorhome milik Umbu Tedy yang dipajang di booth Baze saat IIMS 2022, Kamis (7/4/2022)

Baca juga: Saat Suzuki Carry Tampil Menggoda dengan Tema Anak Pantai

Kalaupun belum bisa memodifikasi kendaraan sendiri, motorhome bisa disewakan kepada konsumen yang berminat, baik dengan driver ataupun tidak. Ini bisa jadi langkah awal ketertarikkan seseorang terhadap konsep motorhome.

"Target utama, tujuan utama sebenarnya adalah untuk menginspirasi dulu. Menginspirasi orang, bahwa ada awareness, ada loh, mobil bisa dijadikan rumah. Terus menimbulkan rasa tertarik juga," ucap Umbu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.