Pertamax Rp 12.500 Per Liter, Bolehkah Vario 160 Diisi Pertalite?

Kompas.com - 08/04/2022, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Melambungnya harga BBM jenis Pertamax (RON 92) hingga mencapai Rp 12.500 per liter membuat sejumlah pemilik motor-motor baru khawatir. Pasalnya biaya bensin yang dikeluarkan bakal jauh lebih mahal, dari sebelumnya Rp 9.000 per liter.

Tak terkecuali pemilik Honda Vario 160 yang mengusung mesin baru dengan teknologi lebih modern. Lantas, dengan mesin rasio kompresi 12:1, bolehkan Vario 160 menggunakan BBM dengan RON di bawah angka 92?

Seperti diketahui, banderol BBM Pertalite (RON 90) belum mengalami kenaikan. Harganya masih sama, yakni Rp 7.650 per liter.

Baca juga: Jasa Marga Rilis Tarif Tol Trans-Jawa, Jakarta ke Solo Rp 453.500

Ilustrasi Honda Vario 160 di IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Vario 160 di IIMS 2022

Reza Rezdie dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, Honda Vario 160 bisa menggunakan bensin dengan oktan yang lebih rendah dibanding Pertamax.

"Pada spesifikasi motor Vario 160, di buku pedoman pemilik sudah diinformasikan bahwa walaupun Vario 160 ini kompresi tinggi 12:1, tapi dia masih bisa menggunakan oktan minimum 88,” ujar Reza, dalam diskusi virtual (7/4/2022).

“Artinya bukan lagi Pertalite, bahkan Premium bisa tanpa ada penyesuaian apapun," kata dia.

Baca juga: Yamaha Luncurkan X-Ride Terbaru, Dijual Rp 19,4 Juta

Menurutnya, sistem injeksi atau PGM-FI milik Honda diklaim sudah canggih. Sistem itu dilengkapi dengan sensor O2, yang bisa mendeteksi kandungan sisa pembakaran.

“Itu akan memberikan feedback ke ECM (Engine Control Module) untuk menyesuaikan lagi agar output mesinnya walaupun menggunakan oktan rendah sampai oktan tinggi masih bisa optimal," ucap Reza

"Artinya bisa menggunakan BBM oktan rendah. Dalam hal ini minimum yang ditetapkan RON 88," ujar dia.

Reza juga menambahkan, penggunaan BBM oktan rendah pada Vario 160 tidak berakibat apapun. Pasalnya standar minimum yang sudah ditetapkan mencapai angka oktan 88.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.