Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Konsumsi BBM Honda Vario 160, Tembus 46,3 Kpl

Kompas.com - 27/02/2022, 08:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di awal 2022 Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda Vario 160. Skutik baru ini mengalami perubahan baik di bagian eksterior dan teknis.

Kompas.com sudah mengulas Vario 160 usai peluncuran dan merasakan performanya di area safety riding AHM. Kini Kompas.com menjajalnya selama beberapa hari untuk pemakaian harian.

Baca juga: Long Weekend, 165.752 Kendaraan Pergi Meninggalkan Jabotabek

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Setelah mengulas desain, fitur dan rasa berkendara motor ini, Kompas.com mencoba melakukan tes tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM dengan pemakaian dalam kota.

Test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 73 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang.

Baca juga: Berkendara di Jalan Tol, Ingat Rumus Jaga Jarak 3 Detik

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Pengendara berusaha berjalan senormal mungkin. Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 93 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,005 liter, hasilnya didapat 46,3 km per liter.

Honda Vario 160 mengusung mesin 160cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, menghasilkan tenaga 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com