Kompas.com - 05/04/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), siap menyambut regulasi standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel yang sesaat lagi mulai berlaku.

Bahkan mulai awal April 2022, MMKSI juga telah menyediakan dan menjual model Pajero Sport yang bermain di segmen medium-SUV dengan spesifikasi Euro-4.

Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI mengatakan, pihaknya mendukung dan mematuhi aturan pemerintah soal pemberlakukan Euro 4 untuk mobil bermesin diesel yang menyusul dari model bensin sebelumnya.

"Saat ini model andalan kami Mitsubishi Pajero Sport, yang dilengkapi dengan mesin diesel telah tersedia dan dijual kepada konsumen dengan mesin standar emisi Euro 4. Lalu segera menyusul Mitsubishi Triton di kelas pikap 4x4 dan L300 untuk model kelas small pikap dengan spesifikasi mesin Euro 4," ujar Nakamura dalam keterangan resminya, Senin (4/4/2022).

Baca juga: Menko Airlangga Penasaran Harga Mitsubishi Minicab-MiEV di IIMS 2022

Pajero Sport yang saat ini dipasarkan di Indonesia mengusung mesin diesel 4N15 (2.4L) MIVEC, dan 4D56 (2.5L) 1 dengan spesifikasi Euro 4. Kedua dapur pacu tersebut dilengkapi fitur Intercooled Turbocharged Direct Injection Diesel, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga besar.

Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022

Untuk mesin diesel 4N15 dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 181 PS atau setara 178,4 tk pada 3.500 RPM, dan torsi maksimum hingga 430 Nm pada 2.500 RPM. Triton dan L300 juga mendapatkan update dengan spesifikasi Euro 4.

Guna menjaga performa serta garansi kendaraan konsumen, Mitsubishi juga menyiapkan panduan informasi di owners manual dan service booklet yang dilengkapi setiap pembelian mobil baru dengan menyertakan informasi dan sangat merekomendasikan penggunaan bahan bakar sesuai ketentuan Euro 4.

Adapun BBM jenis solar yang dimaksud adalah berlabel EN590, yang memiliki kandungan cetane 51 atau lebih tinggi dan kandungan sulfur kurang dari 50 ppm. Ketentuan ini juga berlaku bagi Triton dan L300 yang sudah memiliki spesifikasi Euro 4.

Tak hanya pengembangan pada mesin diesel guna memenuhi standar Euro 4, MMKSI juga memberikan sedikit penyegaran Pajero Sport pada fitur Auto Light, Auto Wiper, dan Auto Dimming, yang kini dilengkapi dengan On/Off Switch serta Multi Around Monitor dengan Both Side View dan Transparent Front Side View.

Baca juga: Harga Fortuner dan Innova Diesel Naik Jelang Penerapan Standar Euro 4

Demikian juga Triton yang mendapat penyegaran eksterior dan pengingkatan pada L300 sebagai upaya menjawab suara konsumen, yakni dengan kapasitas kargo yang digadang-gadang lebih luas.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Mitsubishi Triton

"Seluruh model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia akan sesuai dengan regulasi pemerintah tentang ketentuan mesin berspesifikasi standar emisi Euro-4 dan dapat berkontribusi terhadap emisi gas buang dengan standar lebih tinggi, serta kelestarian lingkungan," kata Nakamura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.