Dampak PPN 11 Persen, Mitsubishi Kerek Harga Xpander dan Pajero Sport

Kompas.com - 05/04/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya karena PPnBM 50 persen yang sudah berakhir, adanya kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen pada awal April, juga memberikan dampak pada harga mobil baru.

Salah satunya seperti produk-produk keluaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Terhitung 1 April, banderol on the road (OTR) untuk Xpander dan Pajero Sport mengalami kenaikan harga yang bisa dibilang cukup lumayan.

Lantas berapa kisaran kenaikan harga tiap moel tersebut mengikuti regulasi baru dari PPN yang tercantum dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Baca juga: Mitsubishi Pede Pasang Target 1.000 Unit Lebih di IIMS 2022

Menjawab hal ini, Deputy Group Head Sales and Marketing Planning and Operation Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Muhammad Arwani mengatakan, pihak sudah memberlakukan harga baru dengan kenaikan antara Rp 3 juta sampai Rp 7 jutaan.

Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi Pajero Sport di IIMS Hybrid 2022

"Jadi memang kenaikan PPN 11 persen berpengaruh pada harga Mitsubishi. Sebagai estimasi kisaran harganya (kenaikan) karena adanya PPN dan BBM 2022 untuk Xpander kisaran kenaikan harganya Rp 3 juta, dan untuk Pajero Sprot ada rentang antara Rp 5 juta sampai Rp 7 juta sesuai dengan variannya," kata Arwani dalam sesi konferensi pers virtual MMKSI, Senin (4/4/2022).

Untuk lebih detail soal harga jual mulai April 2022 imbas kenaikan PPN, Arwani menjelaskan banderol terbaru dari produk-produknya sudah di-update pada situs resmi MMKSI.

Sementara itu, ketika ditanya apakah adanya kenaikan harga pada produk Mitsubishi bisa berpengaruh terhadap penjualan, apalagi menjelang momen Lebaran, General Manager of Sales and Marketing Division PT MMKSI Amiruddin mengatakan, pihaknya mendukung penuh kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Hal tersebut lantaran, kenaikan PPN tidak hanya berdampak pada sektor otomotif saja, tapi juga ragam lainnya yang berujung pada kenaikan harga jual dari produk yang dipasarkan.

"Tentunya MMKSI patuh dan mengikuti regulasi. Untuk strateginya, kami tetap memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen, baik saat membeli, mengirimkan, dan kepemilikan dengan beragam pilihan metode pembayaran, termasuk dalam ajang IIMS 2022 saat ini," ujar Amiruddin.

Baca juga: Deretan Mobil Baru Harga di Bawah Rp 200 Juta di IIMS 2022

Mitsubishi New Xpander CVT di IIMS Hybrid 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi New Xpander CVT di IIMS Hybrid 2022

"Itu adalah salah satu bentuk bagaimana kami memenuhi kepuasan pelanggan dan menyiasati kenaikan PPN itu. Kami juga tidak henti mengekspos kelebihan untuk memiliki mobil Mitsubishi," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.