Saat Bawa Anak Kecil di Mobil, Orangtua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock

Kompas.com - 15/03/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara dengan anak kecil, pendamping perlu memperhatikan keselamatan anak dengan menggunakan fitur-fitur keselamatan tambahan yang disediakan di mobil.

Misalnya, kursi tambahan untuk anak-anak yang kakinya belum bisa mencapai dasar kabin. Kemudian, fitur window lock agar jendela tidak bisa dibuka sembarangan.

Baca juga: Child Lock, Fitur Penting Saat Berkendara dengan Anak

Kemudian, salah satu fitur keselamatan tidak kalah pentingnya adalah fitur child lock. Fitur ini berfungsi untuk mengunci pintu mobil, sehingga mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Di masa eksplorasi, anak-anak kerap merasa penasaran atau bosan sehingga dapat dengan mudah membuka jendela mobil hingga pintu yang sudah diunci sentral.

Tidak menggunakan child lock dapat berpotensi menimbulkan celaka. Pada sebuah video TikTok yang diunggah akun @aldocastillohdz, terlihat seorang anak yang membuka pintu mobil saat kendaraan sedang melaju.

@aldocastillohdz Mucha precaución a todos los que manejamos cualquier vehículo, cualquier pequeño descuido puede convertirse en una tragedia. #puebla #fyp #biker ? sonido original - Aldo Castillo

Kejadian ini terekam dashcam seorang pengendara motor yang berada di belakang mobil tersebut. Beruntung, si pengemudi segera berhenti dan anak tersebut berhasil ditarik kembali ke dalam kabin mobil.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menjelaskan bahwa fitur ini penting untuk menjaga keamanan anak selama berkendara.

"Child lock dapat mencegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil bergerak atau saat macet," kata Roslianna pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Punya Keunggulan yang Tak Dimiliki Lintasan Lain

Ia mengatakan, fitur ini sangat efektif untuk menjaga anak-anak agar tetap aman di kabin mobil selama perjalanan. Selain itu, cara pengoperasiannya juga mudah. "Cukup geser tuas untuk lock dan unlock," kata dia.

Child lock ini, lanjutnya, terletak di bagian pintu mobil. Namun, tidak semua mobil memiliki fitur child lock. Pada mobil-mobil keluaran baru, umumnya pintu sudah dilengkapi dengan child lock.

Penggunaan child lock aman dan juga tidak akan mengganggu proses evakuasi saat terjadi kecelakaan yang mengharuskan penumpang keluar dari kabin mobil.

"Tugas orangtua untuk mengevakuasi anak saat kondisi darurat dengan membuka pintu belakang," jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.