Bawa Anak Kecil di Mobil, Jangan Biarkan Duduk di Jok Depan

Kompas.com - 09/03/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat naik mobil, kebanyakkan anak-anak memiliki postur tubuh yang masih terlalu kecil untuk memakai safety belt.

Ketika terjadi kecelakaan, masih ada potensi untuk anak tersebut tidak tercengkeram safety belt dan terlempar dari kursi penumpang.

Dikutip dari The Insurance Institute for Highway Safety, anak-anak akan jauh lebih aman jika duduk di kursi penumpang bagian belakang saat berkendara. Pengaman yang digunakan juga disesuaikan dengan umur dan ukuran tubuh anak tersebut.

Baca juga: Bawa Bocah Berkendara Pakai Mobil Wajib Pakai Car Seat

Jika ditempatkan di kabin depan, anak-anak lebih berisiko cedera berat atau bahkan kehilangan nyawanya saat terjadi kecelakaan, akibat kerasnya tekanan airbag mobil yang mengembang.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, anak-anak yang kakinya belum bisa mencapai dasar kabin wajib ditempatkan di second row.

Pengaman yang digunakan juga bukan safety belt dewasa, namun tempat duduk tambahan seperti child car seat.

Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, namun sebagian orangtua enggan menggunakannya, salah satunya karena penggunaannya yang rumit.FREEPIK/JCOMP Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, namun sebagian orangtua enggan menggunakannya, salah satunya karena penggunaannya yang rumit.

"Di negara maju, hal ini adalah kewajiban, bayi atau anak kecil tidak boleh dipangku atau duduk di kursi penumpang depan, ada aturannya, yang melanggar bisa kena tilang," ucap Jusri.

Pengaman yang tepat untuk anak saat berkendara dapat mengurangi potensi cedera saat terjadi kecelakaan. Child car seat dan sejenisnya dapat lebih mengamankan tubuh anak-anak khususnya yang masih berusian di bawah 5 tahun.

Baca juga: Sambut Euro 4 Mesin Diesel, Harga Innova dan Fortuner Naik Rp 7 Juta

Pemilik mobil bisa menggunakan child car seat untuk anak, hingga ia cukup umur dan memiliki postur tubuh yang lebih besar sehingga safety belt dapat mengikat tubuh dengan lebih optimal.

Maka, hingga seorang anak berusia cukup dan kakinya sudah mencapai dasar kabin, sebaiknya diletakkan di second row atau kursi penumpang bagian belakang untuk mengurangi potensi cedera saat terjadi kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.