Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak yang Belum Paham Bahaya Tinggalkan Anak Sendirian di Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil yang masih lalai dan meninggalkan anaknya di dalam mobil dalam keadaan mesin menyala. Padahal, kondisi tersebut bisa fatal akibatnya.

Belum lama ini, terjadi lagi insiden balita terjebak di dalam mobil. Kejadian tersebut terekam dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @depokfirerescue113.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Pos Merdeka menerima laporan ada anak kecil berumur 2 tahun terkunci di dalam mobil pada Minggu (3/4/2022).

Banyak alasan pengendara meninggalkan anak kecilnya sendirian di dalam mobil, mulai dari alasan hanya pergi sebentar saja, sekadar memanaskan mobil, dan lainnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Sebab, tindakan tersebut sangat berbahaya, bahkan berakibat kematian.

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Marcell, anak yang terkunci di dalam mobil bisa menyebabkan fatalitas bila panas di dalam kabin naik atau kebocoran karbon dioksida terjadi.

Dalam kondisi tersebut, anak akan dehidrasi dan kehabisan oksigen. Bahkan, jika dalam waktu yang lama, anak bisa saja meninggal dunia.

“Bisa saja (kekurangan oksigen), karena bila mobil diparkir tanpa menyalakan mesin dan AC, suhu kabin bisa naik signifikan yang dapat menyebabkan kepanasan dan dehidrasi,” kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/04/134100815/banyak-yang-belum-paham-bahaya-tinggalkan-anak-sendirian-di-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke