Kompas.com - 30/03/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir dua pekan setelah MotoGP Mandalika digelar, sekarang ramai masalah lelang barang-barang pebalap MotoGP. Sebelumnya, beredar kabar bahwa barang yang dilelang adalah yang dilempar oleh pebalap ke penonton.

Aji Aditra Perdana, Vice President of Commercial Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mengatakan, barang-barang yang dimiliki oleh Balai Lelang Mataram itu adalah barang yang resmi diberikan oleh MGPA kepada balai lelang.

Baca juga: Tepati Janji, Ini Momen Aleix Espargaro Lempar Helm ke Penonton di Mandalika

"Diberikan oleh ITDC dan MGPA untuk dibuatkan program amal. Jadi, nanti hasil penjualannya akan kami kembalikan ke masyarakat Mandalika yang programnya nanti akan kami tentukan kemudian seperti apa, tergantung jumlahnya berapa," ujar Aji, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales mengikuti sesi latihan bebas balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales mengikuti sesi latihan bebas balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Aji menambahkan, barang-barang itu adalah yang diberikan oleh Maverick Vinales dan Marc Marquez, berupa topi, kaos, ada sarung tangannya Vinales juga.

"Itu kami berikan untuk dapat dibuatkan program lelang, dan ini resmi. Jadi, tidak ada satu pun barang-barang yang dilempar ke penonton, lalu dijadikan lelang. Bukan seperti itu," kata Aji.

Baca juga: Vinales Sumbang Perlengkapan Balapnya ke Sirkuit Mandalika buat Amal

"Kalau detailnya, ada beberapa barang, sekitar 10 item, dan itu bukan barang yang beda-beda. Ada yang sama, misalkan, t-shirt dari Marc Marquez ada dua. Tapi, semuanya itu ditandatangani oleh Marquez dan Vinales," ujarnya.

Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera. AFP/SONNY TUMBELAKA Pebalap Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, saat menjajal Sirkuit Mandalika, NTB, Jumat (18/3/2022). Marquez gagal berkompetisi di Mandalika karena cedera.

Aji mengatakan, untuk barang-barang pebalap yang dilempar ke penonton pasti tidak ada tanda tangannya. Tapi, untuk yang dilelang sudah ditandatangani.

"Ada juga beberapa yang kami buatkan khusus official merchandise Mandalika GP Series yang kami mintakan tanda tangan Miguel Oliveira, Pol Espargaro, dan Marquez, dalam satu baju misalnya. Ada dalam satu topi yang ditandatangani tiga pebalap. Itu memang merchandise kami dan merchandise Vinales dan Marquez, jadi ada tiga jenis item," kata Aji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.