Kompas.com - 30/03/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper atau bilah penyeka kaca pada mobil perannya begitu penting, terutama saat musim hujan. Wiper akan membantu pengemudi melihat jalan dengan jelas ketika kaca mobil mengarungi guyuran hujan.

Akan tetapi, fungsi wiper mobil kian berkurang seiring penggunaan dan usia. Bila kinerja wiper telah menurun, maka wiper harus segera pensiun dan diganti dengan yang baru.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada tanda-tanda dari wiper mobil yang harus segera pensiun dan diganti dengan yang baru.

Baca juga: Federal Oil Banyak Digemari Gen Z di Tanah Air

“Karet menjadi kering dan tidak lentur lagi. Ini akan membuat fungsi wiper tidak maksimal saat membersihkan kaca,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Karena bahan wiper karet, panas kaca akibat terik matahari membuat wiper rentan getas.
Karet wiper sangatlah penting untuk menyapu air yang mengenai kaca mobil. Bila karet wiper kering dapat merusak kaca dengan membuat baret.

Headlamp wiper, fitur pada mobil lawasDok. Carbuzz Headlamp wiper, fitur pada mobil lawas

Tidak hanya itu saja, visibilitas pengemudi juga akan terganggu karena tidak bisa melihat jelas. Hal ini dikarenakan kemampuan wiper untuk menyapu air yang mengenai kaca mobil telah berkurang.

Alhasil, saat pengemudi melajukan mobil di tengah hujan akan sulit melihat jelas. Akan ada banyak potensi bahaya yang terjadi bila pengemudi mobil sulit melihat dengan jelas.

Baca juga: Atur Posisi Kaca Spion Mobil Agar Terhindar dari Blind Spot

“Disarankan apabila masuk musim hujan untuk mengganti wiper dengan yang baru sehingga dapat maksimal membersihkan kaca,” kata Didi.

Sekedar informasi, wiper tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kaca mobil saat hujan, namun saat cuaca berkabut. Maka dari itu fungsinya amat penting sebagai penunjang keselamatan saat berkendara. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.