Sampai Februari 2022, Jumlah SPKLU Nasional Diklaim Mencapai 267 Unit

Kompas.com - 28/03/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPLN tengah gencar menambah fasilitas pengisian bahan bakar kendaraan listrik di tanah air. Paling baru PLN mendirikan 60 unit SPKLU ultra fast charging 200 kW sebanyak untuk kebutuhan KTT G20 di Nusa Dua, Bali, November 2022.

Tercatat, sampai dengan Februari 2022, total SPKLU telah beroperasi secara nasional diklaim sudah mencapai 267 unit di 195 lokasi.

Sementara itu, total SPKLU yang dimiliki PLN sebanyak 120 unit dan tersebar di 92 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Andi Gilang Juara ARRC SS600, Bendera Merah Putih Berkibar di Thailand

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Pada akhir tahun 2022, PLN menargetkan 4.900 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dan 580 SPKLU untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik.

"Dengan SPKLU ultra fast charging 200 kW tersebut, pengisian daya kendaraan listrik hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk 1 kendaraan," ujar Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, Jumat (25/3/2022).

Selain SPKLU ultra fast charging, PLN juga membangun 21 unit SPKLU fast charging dan memberikan dukungan dalam penyediaan 150 unit home charging.

Baca juga: Tol Jagorawi Arah Jakarta Macet, Jasa Marga Berlakukan Contraflow

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di FatmawatiPertamina Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati

Di lain sisi, sumber listrik yang digunakan SPKLU ultra fast charging dan home charging telah memiliki sertifikasi energi terbarukan.

Sebagai informasi, 60 unit SPKLU ultra fast charging tersebut ditempatkan di Central Parking ITDC dan di Griya Alam Lestari/Apurva Kempinsi sebagai pusat pengisian kendaraan listrik untuk delegasi KTT G20.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.