BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fuso

Sambut Regulasi Euro4, Mitsubishi Fuso Hadirkan 29 Varian Truk dengan Teknologi Terkini

Kompas.com - 28/03/2022, 08:03 WIB

KOMPAS.com – Seluruh kendaraan dengan mesin diesel yang dijual di Indonesia harus lolos uji emisi Euro4 pada April 2022. Hal ini diberlakukan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian.

Upaya itu dilakukan sebagai salah satu cara untuk meminimalisasi dampak buruk terhadap lingkungan yang diakibatkan dari jumlah pengguna kendaraan beroda empat.

Merespons regulasi tersebut, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia resmi meluncurkan jajaran produk terbarunya, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Mitsubishi Fuso Jamin Penuh Layanan Purnajual Euro 4

Sebanyak 29 kendaraan yang terdiri dari 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X telah memenuhi standar Euro4. Keduanya dilengkapi dengan mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X.

Sebelumnya, Sales and Marketing Director PT KTB Duljatmono mengatakan bahwa KTB akan melakukan optimasi varian kendaraan dengan standar Euro4.

Sebagai informasi, Euro4 adalah standar emisi gas buang dari Uni Eropa untuk kendaraan beroda empat atau lebih untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Adapun kendaraan yang lolos uji emisi Euro4 adalah kendaraan yang memiliki desain mesin yang rapat dan alat katalitik konverter untuk pembakaran, juga bahan bakar yang ramah lingkungan.

“Kami ingin mengoptimalisasi dengan memberikan layanan terbaik akan kebutuhan kendaraan dari sisi varian di berbagai sektor. Kami optimalkan sesuai kebutuhan konsumen,” ujarnya seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Peningkatan fitur dan teknologi

Perlu diketahui, varian Canter dan Fighter X bukan lini produk baru dari Mitsubishi Fuso. Canter merupakan perubahan nama dari Colt Diesel. Produk ini merupakan kendaraan niaga terlaris di Indonesia.

Baca juga: Sambut Era Euro 4, Mitsubishi Fuso Sematkan Teknologi Baru


Sementara itu, Fighter X merupakan perubahan nama dari Fighter. Penggantian nama tersebut juga diikuti dengan peningkatan di sejumlah aspek.

Salah satu peningkatan terdapat pada teknologi Common Rail yang disempurnakan di kedua varian kendaraan tersebut. Teknologi ini mampu menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi dan panjang di revolutions per minute (rpm) sehingga membuat performa lebih optimal.

Mitsubishi Fuso Canter Euro4.Dok. Mitsubishi Fuso Mitsubishi Fuso Canter Euro4.

Selain itu, baik Canter maupun Fighter X, juga menggunakan teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC) Muffler yang mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide). Dengan demikian, emisi gas buang kendaraan menjadi lebih ramah lingkungan.

Mitsubishi Fuso juga menjawab permintaan dan kebutuhan konsumen akan kendaraan niaga dengan meluncurkan tiga varian baru yang belum ada di line-up sebelumnya. Pertama, Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang mengutamakan kecepatan.

Kedua, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar. Ketiga adalah Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Seluruh varian Canter, termasuk tiga varian baru tersebut, memiliki performa mesin yang lebih bertenaga, mulai dari 108 PS hingga 150 PS. Performa juga semakin optimal dengan penyesuaian Final Gear Ratio.

Baca juga: Kata Mitsubishi Fuso Soal Efisiensi BBM Canter dan Fighter X Euro 4

Mitsubishi Fuso juga meningkatkan dimensi kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satunya, penambahan panjang chassis (cab to end) pada varian 6x4 FN26Fl HD menjadi 9,8 meter. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan volume angkut.

Peningkatan juga dilakukan pada (GVW) dan Rear Over Hang (ROH) untuk mengangkut muatan lebih banyak.

Selain itu, pada seluruh varian Fighter X juga dilengkapi fitur keselamatan, yaitu sistem pengereman dengan Full Air Brake System dan penambahan Anti-lock Braking System (ABS).

Mengutamakan layanan purnajual

Pada varian Canter dan Fighter X terbaru, Mitsubishi Fuso tetap menggunakan sebagian besar suku cadang yang sama dengan line-up sebelumnya. Dengan demikian, konsumen tidak perlu khawatir dengan ketersediaan suku cadang. Sebab, suku cadang pada truk dengan standar Euro2 tetap bisa digunakan pada truk berstandar Euro4.

Mitsubishi Fuso Fighter X Euro4.Dok. Mitsubishi Fuso Mitsubishi Fuso Fighter X Euro4.
Terlebih, jaringan layanan purnajual dan ketersediaan suku cadang Mitsubishi Fuso yang tersebar di seluruh Indonesia telah siap mendukung standardisasi produk truk dengan tranmisi Euro4.

Mitsubishi Fuso juga akan mempertahankan layanan free service yang selama ini telah dijalankan dan menambah fasilitas Pars Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Luncurkan Tiga Varian Terbaru Canter


Selain itu, Mitsubishi Fuso akan meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service (MWS) yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi untuk memastikan kinerja mesin Euro4.

Untuk memenuhi pelayanan tersebut, Mitsubishi Fuso menyediakan para mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan yang ada di lapangan atau di lokasi operasional konsumen.

Informasi lebih lanjut mengenai Mitsubishi Fuso EURO, silakan klik di sini.

 

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.