Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Kenyamanan MPV pada Kabin All New Honda BR-V Prestige CVT

Kompas.com - 23/03/2022, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan bagian eksterior, untuk urusan interior alias kabin All New BR-V Prestige CVT dan Prestige CVT with Honda Sensing bak pinang dibelah dua. Artinya, nyaris tak ada perbedaan.

Dengan paduan ketangguhan sebuah SUV dan kenyamanan layaknya MPV, Honda Prospect Motor (HPM) tak hanya menawarkan kesan mewah dan elegan melalui dominasi warna hitam, tapi juga suasana yang serba baru pada tiap barisnya.

Baik tipe BR-V Prestige CVT dan Prestige CVT with Honda Sensing memiliki tingkat kenyamanan yang sama. Dengan dimensi yang lebih panjang 35 mm dan lebar 45 mm dari versi sebelumnya, otomatis ruang tiap barisnya kini dibuat lebih cozy.

Baca juga: Tanpa Honda Sensing, All New BR-V Tetap Tampil Impresif

Pada baris pertama, kelapangan kaki dan kepala baik penumpang dan pengendara disajikan cukup baik. Bahkan dengan hadirnya console armrest, pengendara bisa lebih santai ketika berkendara jarak jauh.

Honda BR-V Prestige CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda BR-V Prestige CVT

Area kokpit tak hanya dirancang lebih personal, tapi mengedepankan sisi ergonomis sehingga pengendara dimanjakan dengan kemudahan untuk mengakses tiap fitur yang ada. Seperti untuk mengaktifkan fitur dan audio yang bisa diakses langsung melalui ragam tombol fungsi pada kemudi berlapis kulit.

Dasbor BR-V Prestige CVT memiliki konsep datar yang minimalis tapi tetap dikemas mewah dengan balutan warna hitam, serta sentuhan soft touch aksen kulit pada sisi penumpang lengkap bersama detail jahitan putih.

Sementara pada bagian tengah, terdapat perangkat audio layar sentuh 7 inci dengan smartphone connection dan hand-free telephone yang sama dengan Prestige CVT with Honda Sensing.

Pengendara dan penumpang baris pertama dimanjakan dengan desain jok besar ala semi-bucket yang harus diakui cukup nyaman. Tak hanya baris pertama, semua jok All New BR-V juga sudah dilapis sintetis dengan warna gelap.

Honda BR-V Prestige CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda BR-V Prestige CVT

Perbedaan signifikan antara BR-V Prestige CVT dan Prestige CVT dengan Honda Sensing bisa dilihat dari bagian sensor di depan kaca spion kabin. Lantaran tak dilengkapi perangkat keselamatan aktif tersebut, maka untuk tipe yang redaksi pakai kali ini terlihat polos saja.

Baca juga: Duet Brio dan BR-V Dongkrak Penjualan Honda pada Februari 2022

Begitu juga pada bagian kemudi, di mana tombol fungsi hanya sebatas untuk pengaturan audio dan informasi kendaraan via layar TFT pada speedometer. Sementara untuk BR-V versi Honda Sensing, terdapat pengaturan fitur layaknya adaptive cruise control (ACC).

Masuk ke baris kedua, lagi-lagi tak ada kendala dari sisi kenyamanan dan kelapangan. Bahkan penumpang juga dimanjakan melalui kehadiran konsul sandaran tangan baru, juga fitur pengisian daya yang kini hadir pada tiap barisnya.

Tak hanya itu, mengusung konsep kenyamanan MPV keluarga, Honda juga menyediakan ragam kompartemen yang memudahkan penumpang menyimpan barang bawaan dalam perjalanan.

Honda BR-V Prestige CVTKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda BR-V Prestige CVT

Sementara untuk baris ketiga, kelapangan pada sektor kaki memang tak seluas baris kedua, tapi masih bisa menampung penumpang dewasa dengan tinggi badan lebih dari 170 cm. Saat menjajalnya beberapa waktu lalu, kesejukan dari blower AC juga masih cukup baik dinikmati sampai baris belakang.

Nah, saat akan melakukan perjalanan jarak jauh, pemilik BR-V yang membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan bisa melipat jok baris ketiga sebagai ruang tambahan kargo dengan konfigurasi 50/50 dive down yang membuatnya rata dan terlihat lebih lapang.

Baca juga: Toyota Veloz Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Garis besarnya, All New Honda BR-V Prestige CVT dilengkapi semua kemewahan yang dimiliki versi di bawahnya, yakni E CVT dan manual, kemudian ditambah dengan fitur Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, pelek 17 inci, sandaran tangan pada baris kedua, power oultet pada baris ketiga, sampai front passenger seatbelt reminder.

Penggunaan lapisan berbahan kulit pada All New Honda BR-V juga ditambahkan di dalam kabin. Sementara untuk perbedaan versi paling tinggi, selain dari sisi harga yang selisih Rp 18 juta, adalah absennya fitur keselamatan aktif serta Honda LaneWatch.

Honda BR-V Prestige CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda BR-V Prestige CVT

Bila dikerucutkan dari sisi kenyamanan dan kesan mewah, kesimpulannya antara BR-V Prestige CVT dan Prestige CVT with Honda Sensing tak ada perbedaan berarti. Semua disajikan setara untuk memanjakan pengendara dan penumpangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com