Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bumil Usia Kandungan Tiga Bulan, Apakah Aman Mengemudikan Mobil?

Kompas.com - 23/03/2022, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Wanita dalam kondisi hamil diperkenankan mengemudikan mobil apabila dalam kondisi yang baik. Meskipun tidak ada larangan mengendarai mobil secara mandiri, namun bukan berarti wanita hamil harus abai.

Pengemudi wanita yang hamil harus memiliki beberapa persiapan agar mengendarai mobil tetap aman. Dengan mempersiapkan beberapa hal saat mengemudikan mobil, tidak hanya akan melindungi diri sendiri namun juga melindungi kandungan.

Baca juga: Kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Mata Marquez Bermasalah Lagi

Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG (K) FER MARS mengatakan, agar ibu, janin, dan keselamatan berkendara tetap terjadi harus mengikuti beberapa anjuran.

“Hindari berkendara pada usia trimester pertama. Pada usia kehamilan sekitar trimester pertama, wanita hamil rentan mengalami mual, muntah, dan lebih mudah lelah. Risiko keguguran lebih tinggi pada trimester pertama kehamilan,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

Cepi juga menyarankan agar pengendara wanita yang hamil harus menghindari bepergian jarak jauh. Hendaknya selalu berhenti dan istirahat setiap 90 menit.

Sebelum mengendarai mobil, pengemudi wanita yang hamil harus lakukan peregangan. Cara ini bertujuan agar aliran darah ke janin dan anggota gerak bawah ibu dapat terjaga.

Selain itu, posisikan setir mobil agar tidak menekan perut ibu hamil. Pastikan terdapat jarak yang cukup antara posisi setir dan perut ibu hamil. Hindari pula berkendara di kondisi jalan atau cuaca yang buruk untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: Penyebab Utama Mesin Mobil Overheat

Dan paling penting, cepi menyarankan untuk pengendara wanita yang hamil selalu minum air putih, dan makan-makanan yang bergizi seperti buah-buahan. Rutin mengkonsumsi air putih dan makanan bergizi akan mencegah pusing dan rasa lelah dan kantuk saat wanita hamil berkendara.

“Usahakan untuk tidak bepergian sendirian. Kecelakaan saat berkendara umum terjadi pada ibu hamil, sehingga selalu usahakan ada pendamping yang dapat mengawasi dan membantu saat berkendara,” kata Cepi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com