Motor Mini Bergaya Retro Honda Dax 125 Meluncur

Kompas.com - 23/03/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran motor mini Honda tahun ini semakin ramai dengan kehadiran Honda ST125 alias Honda Dax. Di Eropa, Dax 125 melengkapi pilihan di kelasnya, yang sebelumnya sudah diisi Honda Monkey dan MSX125 Grom.

Disitat dari Paultan (23/3/2022), Honda Dax mendapatkan namanya dari ras anjing Dachshund dengan tubuh panjang dan kaki pendek.

Pertama kali terlihat di Eropa pada tahun 1969, Honda Dax telah diproduksi di Jepang untuk pasar domestiknya dari tahun 1995 hingga 2003.

Baca juga: Agar Tidak Ketinggalan Pesawat, Franco Morbidelli Pinjam Motor Polisi di Mandalika

Honda Dax 125PAULTAN.org Honda Dax 125

Dax 125 kini hadir dengan pelek 12 inci yang dibalut ban ‘donat’ berukuran besar memiliki nuansa motor mini bergaya retro.

Berbeda dari sebelumnya, sekarang tenaga Dax berasal dari mesin satu silinder 125 cc SOHC berpendingin udara yang sudah memenuhi standar Euro 5.

Mesin ini dikawinkan dengan girboks 4-percepatan dengan kopling sentrifugal, yang menghasilkan 9,25 tk pada 7.000 rpm dan 10 Nm pada 5.000 Nm.

Baca juga: Gagal Ujian Praktik SIM C sampai 16 Kali, Begini Tips biar Lulus

Honda Dax 125PAULTAN.org Honda Dax 125

Tercatat, motor ini sanggup berlari hingga kecepatan tertinggi 90 kpj, bahkan saat berkendara dengan pembonceng.

Dengan tinggi jok hanya 775 mm dan bobot 107 kg, motor ini diklaim sangat ramah buat segala pengendara.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, suspensi depan Dax 125 dibekali upside-down berdiameter 31 mm yang tidak dapat disetel. Sementara di belakang mengusung sokbreker ganda dengan setelan preload.

Baca juga: PPKM Level 2 Diperpanjang, Ini Aturan Naik Kendaraan Umum di Jakarta

Honda Dax 125PAULTAN.org Honda Dax 125

Sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik berukuran 220 mm di depan dan 190 mm di belakang, dengan teknologi ABS single channel.

Adapun pada balik kemudinya terdapat layar instrumen bundar dengan pencahayaan LED. Sedangkan soal warna, terdapat pilihan Pearl Nebula Red dan Pearl Cadet Grey buat konsumen yang tertarik motor ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.