Brio Pemuncak Daftar Mobil Terlaris Februari 2022, Avanza-Veloz Anjlok

Kompas.com - 14/03/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi penjualan mobil di pasar domestik pada Februari 2022 turun 3,4 persen secara bulanan, menjadi 81.228 unit. Padahal pada periode ini insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) masih berlaku.

Salah satu alasannya, disinyalir karena adanya long weekend selama dua pekan dan waktu operasional (kerja) diler serta pabrik yang sekitar 20 hari saja, tidak sepanjang bulan seelumnya.

Meski begitu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pencapaian penjualan tersebut jauh membaik dari periode sama tahun lalu (year on year) dengan kenaikan hingga 65 persen.

Baca juga: Penjualan Mobil Baru di Februari 2022 Turun Tipis, Ini 10 Merek Terlaris

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Keadaan serupa juga terjadi pada pertumbuhan penjualan ritel yang bisa mencapai sekitar 45 persen dari Februari 2021 lalu.

"Target penjualan tahun ini masih tetap, sebanyak 900.000 unit. Saya kira masih realistis melihat roda perekonomian yang bergerak positif," kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto belum lama ini.

Pada data sama, Honda Brio akhirnya kembali menjadi pemuncak mobil terlaris mengalahkan para pesaing, termasuk Toyota Avanza serta Mitsubishi Xpander, usai tumbuh 21 persen dari bulan lalu.

Sebab sebagaimana diketahui, saat masuk kuartal akhir tahun lalu model kendaraan terlaris Honda Indonesia ini terus mengalami keterpurukkan penjualan. Hal itu karena pabrikan terdampak tersendatnya pasokkan cip semikonduktor.

Baca juga: Harga Suzuki Jimny Tembus Rp 500 Juta Lebih, Unit Ready

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Memang, capaian tersebut belum membaik dari sebelum terjadi pandemi Covid-19. Namun, tren positif dan konsisten yang ditunjukkan Brio patut diberikan apresiasi.

Sementara di posisi kedua, diisi oleh Suzuki Carry yang sempat memimpin model kendaraan terlaris di bulan sebelumnya. Tapi penurunan penjualan dari 5.372 unit menjadi 4.660 unit membuatnya turun satu peringkat.

Adapun peringkat selanjutnya secara berurutan ditempati Toyota Kijang Innova (4.489 unit), Toyota Rush (3.811 unit), dan Daihatsu Xenia (3.811 unit).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.