Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Sinar Muda, Suites Class dengan Tampilan Panorama

Kompas.com - 21/03/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Sinar Muda kembali menambah armada dari Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah. Bodi bus yang digunakan adalah Suites Class dengan tampilan baru.

Bodi Suites Class milik PO Sinar Muda mendapatkan update tampilan, terutama di bagian depan. Perbedaan utama adalah pada desain fog lamp yang kini mengikuti model Panorama.

Jadi sudah ada dua varian bodi buatan Karoseri Laksana yang menggunakan tampilan Panorama, yakni HD Prime dan Suites Class. Jadi tinggal tunggu bodi XHD Prime dan Double Decker menggunakan tampilan baru.

Baca juga: Video Bus AKAP Terobos Hajatan yang Tutup Jalan, Bagaimana Aturannya?

Kabin bus AKAP baru PO Sinar MudaDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP baru PO Sinar Muda

Kembali ke unit milik PO Sinar Muda, bagian eksterior diberi warna kuning dengan aksen livery berwarna putih. Selain itu, pada bagian luar dipasang stiker Elite Bus dan Suites Class di kaca samping.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, untuk sasis yang digunakan unit Sinar Muda ini sama dengan rilisan sebelumnya, yakni Mercedes Benz OH 1526.

"Sasis pakai 1526 dengan suspensi udara dan space frame," ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2022: Oliveira Juara Perdana MotoGP Mandalika

Sedangkan untuk bagian kabin, kurang lebih sama dengan rilisan yang sebelumnya, yakni diisi 22 bangku yang bisa rebah dan selonjoran. Bangku yang digunakan adalah buatan Alldila Seats yang terlihat lebih tebal dari biasanya.

Tentu bangku yang tebal tadi menjadi salah satu ciri bus yang beroperasi di tanah Celebes atau Sulawesi. Penumpang di daerah Makassar terutama memang senang dengan bangku bus yang empuk, bahkan sebisa mungkin senyaman sofa di rumah.

Bus AKAP baru PO Sinar MudaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sinar Muda

Selain itu, di bagian kabin tidak disediakan sistem hiburan seperti Audio Video On Demand (AVOD). Hanya ada USB port untuk mengecas daya telepon genggam, sehingga penumpang bisa istirahat tanpa terganggu.

Kemudian, ciri khas lain dari bus yang beroperasi di Sulawesi adalah absennya toilet. Sebagian besar penumpang di sana kurang menyukai bau toilet yang ada di kabin bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com