Pil Pahit Marquez yang Kecewa Lewatkan Ajang Perdana MotoGP Mandalika

Kompas.com - 21/03/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez harus menelan pil pahit lantaran tak bisa mengikuti laga seri kedua MotoGP atau Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Pebalap Repsol Honda ini mengalami highside crash ketika menjalani sesi pemanasan pada Tikungan 7.

Meski masih bisa bangkit, namun Marquez langsung dilarikan ke rumah sakit Mataram untuk pemeriksaan lebih lanjut yang hasilnya menyatakan dalam kondisi tidak fit akibat cedera kepala.

Baca juga: Hasil MotoGP Mandalika 2022: Oliveira Juara Perdana MotoGP Mandalika

Menanggapi insiden tersebut, pebalap yang kerap dijuluki Baby Alien merasa kecewa. Namun dia sendiri tak bisa berbuat banyak dan harus menerima keputusan final untuk tidak berlaga di MotoGP Mandalika.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MotoGP™ (@motogp)

"Apa yang bisa kukatakan? Ini bukan akhir pekan kami, kami telah berjuang dan memiliki masalah sejak awal. Itu adalah kecelakaan yang sangat besar dalam pemanasan pagi ini, mungkin salah satu yang terbesar yang pernah saya alami," ujar Marquez disitat dari Crash.net, Minggu (20/3/2022).

"Saya pergi ke rumah sakit setempat dan sementara tidak ada masalah serius, diputuskan bahwa saya tidak boleh balap. Tentu saja memalukan, tapi (itu) keputusan terbaik," lanjut pebalap asal Spanyol itu.

Dari hasil diagnosis, Marquez dikabarkan mengalami cedera gegar otak ringan dan memar pada beberapa bagian tubuhnya imbas crash yang dialami ketika sesi pemanasan.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2022 Usai Laga di Sirkuit Mandalika

Meski demikian, Angel Charte, Direktur Medis MotoGP mengatakan, dari hasil tes beberapa radiologi tidak ditemukan adanya cedera serius pada pebalap Repsol Honda tersebut.

Pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez jatuh saat sesi pemanasan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Kecelakaan ini untuk yang keempat kalinya dialami Marc Marquez di MotoGP Mandalika.MotoGP Pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez jatuh saat sesi pemanasan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Kecelakaan ini untuk yang keempat kalinya dialami Marc Marquez di MotoGP Mandalika.

"Dia (Marc Marquez) mengalami kecelakaan hebat yang mengakibatkan cedera kepala, hasil beberapa tes radiologi Marquez negatif," ujar Charte dikutip dari MotoGP.

"Namun mempertimbangkan jenis patologi dan kesepakatan dengan pebalap serta Repsol Honda, staf medis MotoGP menyatakan Marquez tidak fit untuk balapan," katanya.

Manajer Repsol Honda Alberto Puig, juga mengatakan hal senada. Dia menjelaskan terpaksa harus memutuskan Marquez tak menjalankan kompetisi di Mandalika untuk masa pemulihan.

Baca juga: Momen Marc Marquez Usai Jatuh di Warm Up MotoGP Mandalika 2022

"Itu kecelakaan yang besar, gegar di kepala. Biasanya jenis kecelakaan ini perlu waktu untuk pulih dan bukan ide yang sangat aman untuk mengirimnya ke motor sehingga kami memutuskan hal terbaik yang harus dilakukan adalah melewatkan Grand Prix ini dan mencoba untuk pulih," ucap Puig.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh MotoGP™ (@motogp)

"Tidak sakit, tapi dia mengalami tiga kali tabrakan kuat akhir pekan ini, dan hari ini sangat parah. Jadi bukan karena dia mengalami patah tulang, tapi itu sangat tidak nyaman dan ketika kepala Anda terbentur, Anda harus lebih hati-hati," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.