Kementerian ESDM Konversi 100 Unit Motor BBM Jadi Motor Listrik

Kompas.com - 17/03/2022, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berhasil melaksanakan Program Konversi 100 unit Sepeda Motor Penggerak BBM menjadi Motor Listrik, sebagai bagian dari strategi Pemerintah mengakselerasi menuju Net Zero Emission pada tahun 2060.

Menteri ESDM Arifin Tasrif, mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi besar bagi terlaksananya Program Konversi Sepeda Motor Penggerak BBM menjadi Motor Listrik.

"Keberhasilan pilot project ini diharapkan menjadi trigger pelaksanaan di Kementerian/Lembaga lain, Pemerintah Daerah, BUMN, swasta maupun masyarakat,” ujar Arifin, dalam konferensi virtual (17/3/2022).

Baca juga: Komentar Joan Mir dan Alex Rins Usai Geber Gixxer 250SF di Jakarta

Kementerian ESDM berhasil konversi 100 unit motor bertenaga BBM menjadi motor listrik.Dok Kementerian ESDM Kementerian ESDM berhasil konversi 100 unit motor bertenaga BBM menjadi motor listrik.

"Sehingga penggunaan kendaraan listrik menjadi lebih masif dan lebih terjangkau sekaligus membuka kesempatan bekerja melalui bengkel konversi UMKM sertameningkatkan produksi komponen lokal. Program ini diharapkan semakin mendorong ekosistem KBLBB secara nasional," kata dia.

Selain itu, Arifin juga mengapresiasi Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Darat dan Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor, atas dukungannya dalam pengujian serta penerbitan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sepeda motor hasil konversi.

Juga kepada tim P3TEK EBTKE yang saat ini telah menjadi Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan dan EBTKE, atas kerja kerja kerasnya dalam melaksanakan konversi 100 unit sepeda motor dalam waktu 3 bulan.

Baca juga: Jokowi Lemas Tak Diperbolehkan Ikut Konvoi bareng Pebalap MotoGP

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjajal motor listrik di kawasan Palm Spring Golf, Kabupaten Karawang, Jumat (24/12/2021).Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjajal motor listrik di kawasan Palm Spring Golf, Kabupaten Karawang, Jumat (24/12/2021).

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian RI untuk kemudahan proses perubahan STNK, BPKB dan tanda nomor kendaraan bermotor," ucap Arifin.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, mengatakan, pelaksana jasa konversi atau modifikasi pelaksanaan program konversi ini adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan Energi Baru, Terbarukan, dan Konversi Energi (P3TKEBTKE) dan Badan Litbang Ketenagalistrikan.

“Pada tahun 2021 telah dilakukan konversi sebanyak 100 unit motor kendaraan dinas, yang terdiri dari 96 unit kendaraan dinas di lingkungan Kementerian ESDM, dan 4 unit kendaraan dinas yang berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” ujar Ego, pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Hyundai Resmi Jadikan Indonesia Sebagai Basis Produksi di ASEAN

Kementerian ESDM Konversi 100 unit motor bertenaga BBM menjadi motor listrikScreenshot Youtube Kementerian ESDM Kementerian ESDM Konversi 100 unit motor bertenaga BBM menjadi motor listrik

Sebagai informasi, Kementerian ESDM sudah pernah meluncurkan pilot project program konversi 100 unit dengan 10 tipe (jenis sepeda motor) pada 17 Agustus 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.