Performa Xenia ASA dan Avanza TSS, Mana Lebih Fun To Drive?

Kompas.com - 17/03/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk ke sektor performa, antara All New Avanza TSS dan Xenia ASA sebenarnya mengusung mesin yang sama seperti generasi sebelumnya, yakni berkapasitas 1.500 cc dengan kode 2NR-VE 4 silinder.

Otomatis, produksi tenaganya yang dihasilkan juga serupa, yakni 106 PS atau sebesar 104,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 137 Nm pada 4.200 rpm.

Namun, keduanya kini sudah pindah kiblat menggunakan penggerak depan yang ditambah lagi dengan sistem transmisi D-CVT 7 percepatan. Artinya, meski mesin serupa dengan generasi kedua, tapi dari sisi performa ada perbedaan.

Baca juga: Adu Fitur Avanza TSS dan Xenia ASA, Mana Paling Lengkap?

Dari hasil pengetesan redaksi beberapa waktu lalu, baik Avanza atau Xenia yang sama-sama dibekali mesin 1.500 cc, tenaga pada putaran bawahnya memang lebih responsif dibanding generasi sebelumnya.

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Kondisi tersebut tak lain tak bukan berkat perpindahan sistem penggerak depan. Sensasi berkendaranya juga berbeda, karena otomatis kemudi menjadi lebih sigap yang membuat MPV murah ini lebih asik dan fun to drive ketika diajak bermanuver.

Bahkan dengan adanya transmisi D-CVT yang sama dengan Raize dan Rocky, baik Xenia-Avanza kini lebih smooth ketika dikendarai.

Menariknya lagi, putaran tenaga juga stabil yang membuat keduanya MPV ini lebih maksimal ketika diajak berkendara konstan yang berujung pada sisi efisiensi ketika ke luar kota.

Perlu diketahui, CVT yang digunakan Avanza dan Xenia berbeda lantaran tak hanya dilengkapi dua pulley dan belt, tapi juga planetary gear.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

 

Fungsinya ketika berada di putaran atas, peran belt akan digantikan ke gigi yang diklaim mereduksi terjadinya energy-loss pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Bedah Kabin Xenia ASA dan Avanza TSS, Mana Lebih Keren?

Alhasil memang ketika pedal gas di tekan habis alias kickdown, putaran mesin langsung sigap menyambut yang membuat laju mobil makin cepat seiring dengan naiknya jarum RPM.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.