Adu Fitur Avanza TSS dan Xenia ASA, Mana Paling Lengkap?

Kompas.com - 16/03/2022, 12:31 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membandingkan tampilan luar serta kenyamanan kabin, giliran mengulik sedikit soal beda fitur antara All New Daihatsu Xenia ASA dan Toyota Avanza TSS.

Seperti diketahui, baik Avanza TSS dan Xenia ASA, menjadi varian teratas yang pastinya menghadirkan fitur lebih berlimpah dibanding tipe bawahnya. Apalagi keduanya sudah mengusung teknologi keselamatan aktif.

Untuk Avanza, disematkan Toyota Safety Sense (TSS) sementara pada Xenia namanya Advance Safety Assis (ASA).

Baca juga: Bedah Kabin Xenia ASA dan Avanza TSS, Mana Lebih Keren?

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

 

Meski dari fitur yang disajikan beda nama, tapi secara fungsi dan cara kerjanya kurang lebih mirip-mirip ketika redaksi menjajalnya.

Pada Avanza, ada Lane Departure Assist (LDW) sementara Xenia namanya Lane Departure Prevention. Setelah itu ada fitur untuk mencegah benturan berupa Pre Collusion System di TSS dan Collision Warning Fungction pada ASA.

Selanjutnya Front Departure Alert pada TSS dan Leading Vehicle Departure Warning untuk ASA. Terakhir ada Pedal Misoperation Control yang namanya sama-sama digunakan baik pada Avanza dan Xenia.

Lane Departure Warning dan Lane Departure PreventionTAM Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention

Terlepas dari ASA dan TSS, baik Avanza dan Xenia varian tertinggi yang mengusung mesin 1.500 cc dan transmisi D-CVT juga sudah dilengkapi fitur-fitur kemudahan dan modern.

Baca juga: Pemilik Raize-Rocky, Ini Cara Cek Unit yang Kena Recall

Seperti star/stop engine, smart entry, pengaturan spion elektrik, sampai perangkat keamanan standar lainnya seperti dual airbag, ABS+EBD+BA, VSC, dan hill start asisst (HSA).

Walau terkesan serupa, tapi tetap ada perbedaan dari segi fitur yang disajikan. Seperti keberadaan blind spot monitoring dan rear crossing traffic alert pada Avanza TSS yang tak dimiliki Xenia, lalu untuk kemudi juga demikian, yang mana Xenia belum dilengkapi telescopic seperti saudara kembarnya.

Interior All New Daihatsu XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Interior All New Daihatsu Xenia

Dari sarana hiburan, keduanya sama-sama ditunjang dengan head unit layar sentuh 9 inci yang tampilanya serupa dengan duet SUV murahnya, Rocky-Raize.

Namun, konektivitas yang disajikan Xenia lebih lengkap lantaran adanya Android Auto dan Apple CarPlay lalu ditambah lagi dengan kamera 360 derajat yang memudahkan pengendara memantau kondisi sekeliling saat berkendara di jalan sempit.

Baca juga: All New Xenia Diskon hingga Rp 6 Juta di JAW 2022

Fitur kamera 360 derajat pada Xenia ini serupa dengan yang digunakan All New Veloz. Sementara untuk Avanza, kamera mundur pun masih menjadi opsi bagi konsumen.

Daihatsu All New XeniaADM Daihatsu All New Xenia

Tentu ini menjadi dilema bagi yang sedang menentukan pilihan, namun yang pasti keduanya tetap memiliki sisi plus-minus. Paling penting lagi melirik dari harganya, Toyota membanderol Avanza TSS sebesar Rp 293,4 juta, sedangkan Daihatsu Xenia ASA dipasarkan Rp 272 juta on the road (OTR) Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.