Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Kabin Xenia ASA dan Avanza TSS, Mana Lebih Keren?

Kompas.com - 10/03/2022, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya eksterior, meski memiliki status saudara kembar, ternyata soal visual kabin atau sektor interior antara Daihatsu Xenia 1.5 ASA dan Toyota Avanza TSS juga memiliki perbedaan.

Secara desain besarnya, memang layout yang dihadirkan untuk All New Avanza dan Xenia cukup mirip. Mulai dari dasbor, tata letak, posisi jok, kelapangan, sampai bagian bagasinya.

Tapi bila diperhatikan secara detail lagi, untuk dasbor ada sedikit perbedaan diantara kedua MPV murah ini.

Bila Avanza terlihat biasa saja alias polos, maka untuk Xenia diberikan aksen berwarna merah pada beberapa bagian seperti tuas arah pendingin udara sampai pinggiran bagian joknya.

Baca juga: Adu Visual Avanza TSS dan Xenia ASA, Siapa Lebih Menarik?

Interior All New Daihatsu XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Interior All New Daihatsu Xenia

Keberadaan lis merah ini secara tak langsung memberikan kesan nuansa kabin Xenia yang lebih sporty.

Namun demikian, bukan berarti Avanza monoton, karena tetap ada permainan warna silver, selain itu Daihatsu justru memangkas fitur seatbelt reminder dan menggantikannya dengan card holder.

Sementara untuk posisi tuas transmisi serta pengaturan pendingin udara atau AC yang sudah digital masih sama. Begitu juga untuk penempatan head unit layar sentuh yang dibuat berada pada bagian atas mirip dengan Rocky dan Raize.

Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.Dok. TAM Tampilan dasbor Toyota Avanza terbaru.

Xenia menawarkan ragam kepraktisan bagi pengendara melalui banyaknya ruang kompartemen penyimpanan pada area dasbor dan sekitar kokpit pengendara.

Sementara untuk Avanza, lebih memilih memanjakan pengendara dan penumpang baris pertama dengan ragam fitur, seperti USB port dan power slot.

Baca juga: Kesalahan Fatal Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Jebol

Interior All New Daihatsu XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Interior All New Daihatsu Xenia

Untuk tombol pengaturan audio dan informasi soal kendaraan, baik Avanza TSS dan Xenia ASA sudah tersedia pada bagian gagang kemudi. Bisa dibilang secara posisi berkendara keduanya juga masih sama.

Namun demikian, meski menjadi varian tertinggi, ternyata kemudi Xenia ASA masih tanggung karena hanya dimodali fitur tilt steering, belum telescopic layaknya Avanza TSS.

Bicara soal kelapangan, baik baris pertama dan kedua sama-sama imbang karena memang diproduksi secara bersamaan.

Demikian juga dengan adanya model blower AC yang baru dengan desain lebih tipis dan menyatu dengan atap, yang otomatis membuat ruang kepala jadi lebih lapang.

New Pleasant Long Sofa Mode pada Toyota AvanzaDok. TAM New Pleasant Long Sofa Mode pada Toyota Avanza

Tak hanya itu, Xenia ASA dan Avanza TSS juga hadir dengan fitur sofa mode untuk baris pertama dan kedua. Ruang bagasi belakang juga memiliki dimensi yang sama, termasuk soal hadirnya power outlet pada tiap barisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com