Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Visual Avanza TSS dan Xenia ASA, Siapa Lebih Menarik?

Kompas.com - 08/03/2022, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski saudara kembar dengan desain dasar yang sama lantaran keduanya diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM), namun secara visual eksterior, antara All New Xenia ASA dan Avanza TSS tetap memiliki perbedaan.

Hal ini menggundang daya tarik masing-masing peminat dari generasi ketiga low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah tersebut. Banyak yang membandingkan dari sisi penampilan keduannya.

Lantas siapa yang paling keren?

Seperti yang sudah disinggung, pada dasarnya baik Avanza TSS dan Xenia ASA yang merupakan varian tertinggi, memiliki desain dasar yang serupa melalui penggunaan platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Baca juga: Unggahan Calon Konsumen Mengaku Kena Tipu di Diler Honda MT Haryono

Keduanya juga sudah bertransformasi, dari yang dulu kekeh mempertahankan idealisme penggerak roda belakang, kini luluh mengikuti tren pasar dengan penggerak roda depan.

Tak tanggung-tanggung, performa dari mesin 1.500 cc pun langsung disandingkan dengan transmisi D-CVT 7 percepatan yang juga serupa dengan duet SUV murahnya, yaitu Rocky dan Raize.

Balik ke soal tampilan, bila diperhatikan secara keseluruhan, sebenarnya antara Xenia dan Avanza hanya beda dari sisi fascia depan saja. Keduanya mengaplikasikan visual yang dianggap menjadi selera pasarnya masing-masing.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu All New Xenia

Toyota Avanza TSS mengadopsi kesan lebih kokoh dan modern melalui gril besar yang dibuat menonjol alias stand out, kemudian diikuti headlamp yang pipih sering dengan lekukan tajam dari kap mesinnya.

Baca juga: Bedah Interior Veloz, BR-V, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Demikian juga dengan Xenia ASA. Tapi menariknya, kemasan yang diberikan pada tampilan depan terlihat lebih sporty, apalagi dengan adanya aksen lis berwarna merah.

Untuk sektor gril, Daihatsu membuat kesan lebih sederhana yang mengikuti lekukan dari keseluruhan bumper namun tetap proporsional dan tanpa embel-embel krom.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Bedanya dengan Avanza, Xenia memiliki desain rumah lampu kabut vertikal. Sementara untuk Avanza, dikemas lebih elegan dengan desain seperti boomerang yang makin memperkuat nuansa kebaruannya.

Tak hanya itu, meski memiliki dimensi pelek yang sama, dari dari segi aplikasi desainnya berbeda. Toyota memilih menyematkan model pelek palang lurus, sedangkan Xenia menggunakan pelek polished A/W.

Baca juga: Bahas Performa All New BR-V, Veloz, dan Xpander

Sementara untuk tampilan belakang, bisa dibilang 11-12, hanya emblem saja yang benar-benar membedakan. Demikian juga soal dimensi keseluruhan antara keduannya.

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Pada intinya, siapa yang punya tampilan lebih baik memang tergantung selera dari konsumen, dan yang paling menentukan lagi pasti terkait harga jual yang ditawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com