Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Fungsi Hand Grip di Kabin Mobil?

Kompas.com - 17/03/2022, 11:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com —Pegangan tangan atau hand grip menjadi salah satu komponen yang mudah temukan di kabin mobil.

Posisi hand grip yang terletak di bagian atas dekat pintu mobil membuatnya digunakan untuk mempermudah penumpang keluar masuk mobil.

Bahkan, beberapa pemilik mobil memanfaatkan hand grip sebagai tempat untuk menggantung pakaian di dalam mobil. Terutama bagi pemilik mobil yang menjadikan mobil sebagai rumah keduanya.

Baca juga: Bukan Hanya Fisik, Wajib Jaga Kondisi Emosional Saat Berkendara Jarak Jauh

Biasanya, hand grip ada di dekat pintu baris penumpang dan juga pengemudi. Namun, pada beberapa jenis mobil keberadaan hand grip hanya berada di dekat pintu kursi penumpang saja.

Lalu seberapa penting fungsi dari hand grip pada mobil?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika fungsi dari hand grip sangatlah penting dimana menunjang keselamatan penumpang di mobil.

Hand grip fungsinya untuk mempermudah penumpang keluar masuk kabin mobil dan menahan tubuh dari manuver,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com.

Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan(techlifegeek.com)janlika Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan(techlifegeek.com)

Hand grip digunakan untuk menahan penumpang dari manuver mobil melaju di jalanan buruk. Pada saat melintasi jalan dengan medan yang buruk atau bergelombang, penumpang dapat memegang hand grip agar posisi tubuh tidak terpental akibat guncangan.

Jadi, keberadaan hand grip ini melengkapi fungsi dari sabuk pengaman. Oleh karena itu, hand grip ini sangatlah penting dan bukan aksesoris semata.

Baca juga: Adu Fitur Avanza TSS dan Xenia ASA, Mana Paling Lengkap?

Bagi beberapa kendaraan yang tidak dilengkapi hand grip pada bagian kursi pengemudi, menurut sony bukan berarti komponen ini tidak penting.

Hanya saya kendaraan tersebut biasanya telah memiliki teknologi ramah penumpang sehingga tidak menyematkan hand grip di dalam kabinnya.

“Mungkin karena dianggap tidak perlu oleh pabrik mobil tersebut sehingga beberapa kendaraan tidak dilengkapi hand grip pada kursi penumpang. Artinya kendaraan tersebut sudah ramah penumpang,” tutup Sony.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com