Wajib Lakukan Ini Sebelum Mulai Mendongkrak Mobil

Kompas.com - 16/03/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dongkrak menjadi salah satu peralatan yang wajib ada di mobil saat akan berkendara. Fungsinya untuk mengangkat sebagian beban mobil, saat pemilik akan mengganti ban atau memeriksa komponen di bagian bawah.

Secara umum, ada tiga jenis dongkrak yang biasa dipakai oleh mobil-mobil untuk penggunaan harian. Dongkrak yang berbentuk ketupat, dongkrak hidrolik dan dongkrak buaya.

Baca juga: Ini yang Terjadi Kalau Salah Titik Tumpu Dongkrak Mobil

Dongkrak ketupat merupakan salah satu dongkrak yang umum digunakan karena ringkas dan mudah digunakan.

"Kalau mobil passenger atau misalnya pick-up, itu pakainya yang bentuk ketupat, mayoritas," jelas Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelum menggunakan dongkrak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak membahayakan pemilik kendaraan dan juga komponen bodi mobil.

Perlu diketahui, dongkrak ketupat bisa menahan beban kendaraan hingga dua ton.

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

Saat mendongkrak, pengguna kendaraan perlu memperhatikan titik tumpu mobil. Namun, titik tumpu mobil, menurut Bambang, berbeda-beda tiap mobil. "Itu ada di owner's manual. Keterangan di mana titiknya, posisinya, masing-masing model itu ada di petunjuk penggunaan kendaraan," kata dia.

Yang terpenting adalah untuk meletakkan dongkrak pada area yang datar dan keras.

Baca juga: Besok Ada Penutupan Jalan di Jakarta Saat Parade Pebalap MotoGP

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, salah posisi dongkrak bisa merusak mobil hingga sasis mobil.

"Sebab, mobil bisa menjadi tidak seimbang dan berpotensi jatuh. Kalau jatuh, bisa berbahaya bagi orang yang sedang memasang ban mobil tersebut," ujar Didi.

Jika ingin mobil lebih kuat atau kokoh, ia mengatakan perlu digunakan jackstand. Karena dongkrak fungsinya adalah untuk mengangkat, bukan sebagai penopang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.