Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Hantam Lubang, Bikin Setir Mobil Speleng

Kompas.com - 15/03/2022, 20:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setir atau kemudi menjadi salah satu komponen paling vital dari mobil. Tanpa ada setir, mobil tidak akan bisa melaju dengan baik.

Jika setir mobil alami masalah atau tidak berfungsi dengan baik, akan mengganggu kinerja kendaraan saat melaju. Bahkan, dampak paling berbahaya dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Komparasi, Pilih Mana Honda Genio 2022 atau Yamaha Gear 125?

Setir mobil speleng adalah salah satu permasalahan yang kerap melanda kemudi kendaraan roda empat. Saat setir mobil speleng, mobil akan terasa goyang bahkan seperti hilang kendali.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika ada beberapa penyebab setir mobil speleng.

“Penyebabnya setir mobil speleng bisa dilihat dari tanda-tanda yang terlihat saat mobil digunakan melaju,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Ilustrasi mengemudi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi.

Didi menyebutkan, velg dan ban yang tidak balance atau tidak seimbang menjadi penyebab setir mobil goyang.

Ciri-cirinya dapat dikenali dari ban mobil yang bergetar namun posisi setir lurus saat kendaraan melaju.

Oleh karena itu, baiknya mobil harus di balance agar getaran tersebut hilang.

Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melewati jalan dengan medan yang berlubang, menggunakan kecepatan tinggi saat melaju atau sering melewati jalan yang jelek.

Baca juga: Industri Otomotif Nasional Dukung Aturan Euro 4 Kendaraan Diesel Tahun Ini

Kebiasaan berkendara seperti itu akan merusak ban yang berpengaruh pada kinerja setir. Pasalnya, ban menjadi komponen yang berhubungan dengan setir mobil.

Apabila ban alami masalah, maka fungsi dari setir mobil juga terganggu. Pada akhirnya setir mobil akan tidak stabil sehingga mudah ke kiri atau kanan dengan sendirinya.

“Cek tekanan ban apakah sesuai standar, cek permukaan ban, cek komponen roda depan dan setir apakah ada bagian yang aus atau rusak. Rutinlah melakukan spooring, sehingga posisi ban mobil tetap optimal,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com