Operasi Keselamatan Diklaim Kurangi Laka Lantas hingga 40 Persen

Kompas.com - 16/03/2022, 10:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah rampung menggelar Operasi Keselamatan 2022 selama 14 hari. Melihat datanya, kegiatan ini rupanya berhasil menurunkan angka kecelakaan lalu lintas yang belakangan marak terjadi.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, mengatakan, operasi tersebut bertujuan meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan berlalu lintas. Menurutnya, angka laka lantas pun berhasil diturunkan.

“Sebelum dan dibandingkan setelah pelaksanaan operasi, (laka lantas) turun 40 persen,” ujar Eddy, disitat dari NTMC Polri (15/3/2022).

Baca juga: Sering Pakai Rem Tangan Saat Parkir, Bisa Bikin Rem Jadi Macet?

Satlantas Polres Jakarta Utara menggelar Operasi Keselamatan Jaya selama 14 hari dari 1-14 Maret 2022 di beberapa titik. Terdapat 462 orang yang melanggar lalu lintas dalam kurun waktu tujuh hari sejak pelaksanaan operasi.Dok. Polres Metro Jakarta Utara Satlantas Polres Jakarta Utara menggelar Operasi Keselamatan Jaya selama 14 hari dari 1-14 Maret 2022 di beberapa titik. Terdapat 462 orang yang melanggar lalu lintas dalam kurun waktu tujuh hari sejak pelaksanaan operasi.

“Angka fatalitas korban yang meninggal dunia turun 70 persen. Luka berat turun 13 persen. Luka ringan turun 38 persen,” kata dia.

Eddy juga mengatakan, operasi ini diisi dengan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Caranya dengan mendatangi langsung masyarakat dan memberikan imbauan, hingga membagikan sebaran brosur.

“Diharapkan dengan Operasi Keselamatan ini, tentu progres daripada keselamatan berlalu lintas akan lebih baik,” ucap Eddy.

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

Kegiatan pemeriksaan alkohol kepada pengemudi di depan Pos Lantas German Center Tangsel pada Minggu, 6 Maret 2022 kemarinIstimewa Kegiatan pemeriksaan alkohol kepada pengemudi di depan Pos Lantas German Center Tangsel pada Minggu, 6 Maret 2022 kemarin

Lebih lanjut, Eddy berterima kasih kepada seluruh jajaran Polda hingga Polres yang bertugas. Menurutnya, hasil Operasi Keselamatan 2022 tersebut bakal menjadi petunjuk sebelum melaksanakan Operasi Ketupat 2022.

“Kita tidak pelaksanaan upaya hukum ada hanya di ETLE saja. Namun demikian kita lakukan upaya pencegahan dengan berupa teguran yang sifatnya edukatif kepada masyarakat, simpatik kepada masyarakat,” kata Eddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.