Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum memakai oli, pemilik motor perlu tahu oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan kebutuhan mesin.

Pada kemasan oli, umumnya ada dua kode yang mengindikasikan kegunaan oli tersebut. Pemilik kendaraan perlu mengetahui perbedaannya, agar tidak salah memakai oli.

Baca juga: Begini Cara Mudah Cek Keaslian Oli Motor

Pemakaian oli yang tidak sesuai dengan kebutuhan motor dapat merusak komponen mesin.

Oli dengan kode JASO MA pada kemasannya merupakan oli yang cocok digunakan untuk motor manual, atau motor dengan kopling basah.

Sedangkan kode JASO MB mengindikasikan bahwa oli tersebut digunakan untuk sepeda motor matik atau skutik, motor dengan kopling kering.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi mengatakan oli skutik yang dipakai untuk motor manual justru dapat membuat performa mesin tidak maksimal.

Produk oli motor X-Ten untuk harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Produk oli motor X-Ten untuk harian dengan daya tahan tinggi.

Namun sebaliknya, oli motor manual dipakai untuk skutik tidak menimbulkan masalah.

"Oli manual dipakai motor matik tidak ada masalah. Oli matik dipakai manual cenderung dapat menyebabkan koplingnya selip. Tentunya, performa mesin tidak maksimal," ujar Ribut.

Ini disebabkan oleh komponen oli skutik yang diformulasikan untuk mengurangi gesekan pada mesin. Oli untuk skutik tidak mengandung zat aditif anti slip kopling dan karakternya lebih licin.

Baca juga: MGPA Nyatakan Lintasan Sudah Siap, Sirkuit Mandalika Aman Gelar MotoGP

Sehingga jika dipakaikan pada motor manual, kopling akan menjadi slip karena terlalu licin. Pada oli motor manual, ada zat yang berfungsi untuk mengurangi kemungkinan slip pada kopling.

Maka, jika oli motor manual dipakai untuk skutik, tidak ada pengaruh yang berarti. Sebab, kopling pada skutik karakternya kering atau tidak terendam oli. Sehingga, oli tidak akan mengganggu kinerja kopling. Oli hanya akan memberikan perlindungan internal terhadap mesin motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com