Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi, Pilih Mana Honda Genio 2022 atau Yamaha Gear 125?

Kompas.com - 15/03/2022, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comHonda resmi meluncurkan New Honda Genio. Skutik entry level satu kelas degan Beat tersebut mengalami ubahan baik di sisi eksterior maupun fitur.

Keiichi Yasuda, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, New Genio merupakan jawaban bagi mereka yang menginginkan skutik yang cocok untuk keseharian.

New Honda Genio memberikan keseimbangan antar desain yang compact dengan performa lincah, didukung fitur komplit yang fungsional untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari," katanya dalam konferensi virtual, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Sepanjang Februari 2022 Ekspor Sepeda Motor Meningkat 16 Persen

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Saat ini banyak skutik entry level di pasaran. Jika ditarik degan yang lain maka Honda Genio dapat disejajarkan dengan Yamaha Gear 125 meski secara kubikasi mesin Gear 125 lebih besar.

Desain

Tampilan Genio model 2022 dan versi sebelumnya tidak banyak berubah, masih sporty modern. Lampu depan dan belakang sama. Bentuk bodi samping juga tidak berbeda dengan versi sebelumnya.

Ubahannya dapat dilihat pada desain cover dan fender depan dengan menghadirkan bentuk tiga dimensi. Desain baru ini lebih berkarakter dan punya ekspresi yang lebih tajam.

Honda Genio Model 2022Foto: AHM Honda Genio Model 2022

Desain Gear 125 bisa dikatakan sangat berciri skutik Yamaha di kelas 125cc. Emblem kecil bertuliskan Mio di sisi samping merupakan penegasan Gear bermain di kelas entry level.
Untuk desain bodi, dilihat dari samping Gear 125 terlihat kompak.

Desain lampu depan sangat berbeda dari model Mio lainnya dan tidak terintegrasi dengan lampu sein.

Sedangkan lampu belakangnya, dilihat sepintas mengikuti skema yang diusung Nmax. Desainnya meruncing dari atas ke bawah.

Baca juga: Sepanjang Februari 2022 Ekspor Sepeda Motor Meningkat 16 Persen

Yamaha Gear 125 memilik double hook untuk memudahkan menaruh barang.Foto: Yamaha Yamaha Gear 125 memilik double hook untuk memudahkan menaruh barang.

Fitur

New Honda Genio mengusung ban baru berukuran 12 inci menggantikan pelek 14 inci di model lama. Ban lebih lebar membuat proporsi berkendara lebih seimbang dan stabil.

Ban depan Genio lebar ukuran 100/90-12 dan belakang 110/90-12, keduanya tubeless. Genio facelift juga punya tinggi jok dengan tanah berukuran 744 mm.

Kunci magnetic pakai fitur pengaman. Lampu depan sudah LED. Panel meter full digital. Tersedia soket charger di bagian rak depan kanan. Di model sebelumnya soket charger ini terletak di bawah jok.

Adapun Yamaha mengunggulkan kemampuan Gear 125 dalam membawa barang. Rak depan berkapasitas besar, dapat menampung ponsel sepenuhnya dan sudah terdapat power outlet.

Baca juga: Jokowi Dikabarkan Batal Riding Bersama Pebalap MotoGP di Jakarta

Honda Genio 2022  Dok. AHM Honda Genio 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com