Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubahan Teknis New Honda Genio, Pakai Pelek 12 Inci dan Suspensi Baru

Kompas.com - 15/03/2022, 09:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan New Honda Genio pada Senin, 14 Maret 2022. Peluncuran ini jadi yang pertama sejak Genio hadir pada 2019.

Secara tampilan, Genio masih membawa desain yang sama dengan sebelumnya. Namun ubahan paling mencolok datang dari area kaki-kaki.

Sekarang Honda Genio menggunakan lingkar pelek berdiameter 12 inci menggantikan pelek diameter 14 inci di Honda Genio sebelumnya.

Baca juga: Bulan Terakhir Diskon PPnBM 50 Persen, Cek Lagi Daftar Mobilnya

Honda Genio 2022  Dok. AHM Honda Genio 2022

Keiichi Yasuda, Presiden Direktur AHM, mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari mengapa Honda Genio kini menggunakan pelek dengan lingkar 12 inci.

"New Honda Genio pakai pelek diameter 12 inci dan ban yang lebih lebar untuk membuat berkendara lebih seimbang dan stabil," ujar Yasuda, dalam konferensi virtual (14/3/2022).

"Kami yakin New Honda Genio dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan tentunya berbeda dari yang lain," kata dia.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Punya Keunggulan yang Tak Dimiliki Lintasan Lain

Honda Genio 2022  Dok. AHM Honda Genio 2022

Selain itu, tentunya ban motor ini juga mengikuti ubahan pada pelek. Di mana sebelumnya ban depan dan belakang menggunakan ukuran 80/90-14 untuk bagian depan serta 90/90-14 di bagian belakang.

Kini, New Honda Genio menggunakan ukuran ban 100/90-12 untuk ban depan dan 110/90-12 untuk belakang.

Selain memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara, ada alasan lain juga penggunaan pelek 12 inci ini.

Baca juga: Pilihan LCGC Bekas di Bawah Rp 100 Jutaan, Dapat Datsun Go hingga Brio

Honda Genio 2022Dok. AHM Honda Genio 2022

"Dengan penggunaan pelek 12 inci dan ban yang lebih lebar, tentu memberikan tampilan yang lebih stylist," kata Thomas Wijaya, Marketing Director AHM, pada kesempatan yang sama.

Meskipun bagian kaki-kaki mengalami ubahan, pada sektor dapur pacu diklaim masih sama. Namun ubahan pada lingkar roda, diikuti dengan penyesuaian pada sokbrekernya.

“Ada penyesuaian juga pada bagian suspensi agar motor tetap nyaman digunakan saat pakai pelek 12 inci," ucap Tetsuya Komine, yang juga menjabat Marketing Director AHM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com