Bulan Terakhir Diskon PPnBM 50 Persen, Cek Lagi Daftar Mobilnya

Kompas.com - 14/03/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali memberikan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk beberapa mobil baru tahun ini. Namun demikian, skema penerapannya berbeda dari 2021.

Untuk mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC), ikut disertakan dalam daftar penerima relaksasi lantaran sudah resmi dikenai pajak emisi sebesar 3 persen.

Pemerintah memberikan diskon 100 persen untuk semua produk LCGC. Namun hal tersebut hanya selama Kuartal I 2022.

Baca juga: Deretan Mobil Diskon PPnBM Toyota Hadir di Jakarta Auto Week 2022 

Selanjutnya, pada pada Kuartal II, besarnya turun menjadi 66,66 persen, dan pada Kuartal III tersisa 33,33 persen hingga akhirnya kembali ke harga normal.

Suzuki Ertiga di ajang JAW 2022Dok. Suzuki Suzuki Ertiga di ajang JAW 2022

Untuk mobil non-LCGC, besaran diskon yang diberikan pemerintah hanya 50 persen dan berlaku dengan beberapa ketentuan, seperti hanya untuk mobil dengan harga Rp 200 juta sampai Rp 250 juta.

Dengan demikian, artinya, tak semua varian dari model mobil-mobil non-LCGC bisa mendapatkan relaksasi.

Selain itu, yang tak kalah penting diskon 50 persen hanya berlaku sepanjang Kuartal I, alias Maret ini menjadi bulan terakhir potongan harga PPnBM sebelum kembali normal pada April 2022.

Baca juga: Selain Diskon PPnBM, Ada Cashback Rp 4 Juta buat Trade In Mobil Suzuki

Suasana pameran mobil di stand Mitsubishi yang dipamerkan dalam Jakarta Auto Week (JAW) 2022, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/3/2022). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan hingga 150 ribu pengunjung yang datang ke pameran yang digelar hingga 20 Maret 2022 tersebut dan diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan otomotif di Indonesia.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran mobil di stand Mitsubishi yang dipamerkan dalam Jakarta Auto Week (JAW) 2022, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/3/2022). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan hingga 150 ribu pengunjung yang datang ke pameran yang digelar hingga 20 Maret 2022 tersebut dan diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan otomotif di Indonesia.

Karena itu, bagi yang memang sedang mencari mobil dengan harga lebih murah imbas diskon PPnBM 50 persen, dua minggu ini menjadi kesempatan terakhir.

Sebagai informasi, meski tak semua varian turun harga, tapi untuk jenis mobil yang menikmati relaksasi cukup beragam, yakni dari low sport utility vehicle (LSUV), low multi purpose vehicle (LMPV), sampai city car.

Baca juga: Diskon Rp 5 Juta buat Daihatsu Rocky di JAW 2022

Daihatsu Ayla dan Rocky di Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).Kompas.com/Serafina Ophelia Daihatsu Ayla dan Rocky di Jakarta Auto Week 2022, Sabtu (12/3/2022).

Berikut daftar mobil yang menikmati relaksasi PPnMB 2022 :

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.