Sirkuit Mandalika Punya Keunggulan yang Tak Dimiliki Lintasan Lain

Kompas.com - 14/03/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, merupakan sirkuit yang baru dibangun. Sirkuit ini diklaim punya keunggulan yang tak dimiliki oleh lintasan lain di dunia.

Beberapa waktu lalu, para pebalap MotoGP sudah melakukan sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika. Tak sedikit yang kagum dengan keindahan alam di sekitar sirkuit dan karakter sirkuit itu sendiri.

Baca juga: ITDC dan MGPA Pastikan Kargo Logistik MotoGP Aman di Mandalika

Selain para pebalap MotoGP, jurnalis senior Bobby Arifin, mantan pebalap wanita Indonesia Rally Marina Sosro Atmodjo, dan CEO Alrasyid Indo Racing sekaligus mantan pebalap nasional Rachmat Alrasyid, sepakat bahwa Sirkuit Mandalika punya daya tarik tersendiri dibandingkan dengan sirkuit lain di dunia.

Talkshow bertajuk Atmosfer MotoGP di Indonesia, di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022)Dok. MGPA Talkshow bertajuk Atmosfer MotoGP di Indonesia, di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022)

Hal tersebut disampaikan dalam acara talkshow bertajuk "Atmosfer MotoGP di Indonesia", di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022).

Bobby mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dia menyebutkan, ada pantai dan bukit yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Baca juga: Simak Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 2022

Pemilihan lokasi Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP saya pikir tepat. Masyarakat lokalnya juga sangat ramah. Banyak hal menarik lainnya di sana," kata Bobby, dalam keterangan resminya.

Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.AHMAD SUBAIDI Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Rally mengatakan, setelah 25 tahun lalu di Sirkuit Sentul, akhirnya MotoGP kembali ke Sirkuit Mandalika. Dirinya sangat antusias, karena ini sangat berbeda dari sisi mana pun di dunia.

"Biasanya sirkuit itu panas. Tetapi kalau di Sirkuit Mandalika ini bukan sekadar nonton balapan, tetapi juga seperti liburan. Ini sisi yang sangat baik. Karena dunia melihat kita dan otomatis pariwisata dan budaya kita akan ikut terangkat," ujar Rally.

Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. AFP/ARSYAD ALI Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika.

Sementara Acid, sapaan akrab Rachmat Alrasyid, menyebut kembalinya MotoGP ke Indonesia adalah impian banyak penggemar balap motor di Tanah Air.

"Kita masyarakat Indonesia yang biasanya menyaksikan MotoGP malalui televisi, saat ini bisa menyaksikan secara langsung di negeri sendiri. Kita bisa melihat penampilan dari pebalap dan raungan dari motor mereka. Tentunya, akan menarik dan seru," kata Acid.

Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika.ARSYAD ALI Foto udara yang diambil pada 23 Februari 2019 memperlihatkan progres pembangunan kawasan Pantai Mandalika yang akan menjadi lokasi Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika adalah aset "emas" untuk Indonesia. Dia berharap dengan kembalinya MotoGP ke Indonesia bisa membawa keuntungan dalam banyak hal.

"Semoga orang di luar sana akan berdatangan dan melihat keindahan dari Sirkuit Mandalika. Semoga hal ini juga membawa perubahan bagi dunia balap Indonesia," ujar Acid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.