Disuntik Mati, Simak Kembali Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross

Kompas.com - 06/03/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalani debut di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Mitsubishi Eclipse Cross resmi pamit dari pasar dalam negeri pada Maret 2022.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen pemegang merek menyatakan, hal tersebut dikarenakan beberapa kondisi dan pertimbangan, seperti kelangkaan cip semikonduktor.

Selain itu, penjualan atau popularitas yang tidak begitu gemilang selama tiga tahun belakangan pun menjadi sorotan. Sebab, datanya terus terlihat menurun setiap tahun hingga nihil di kuartal pertama tahun ini.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Suntik Mati Eclipse Cross

Mitsubishi Eclipse Cross terbaru mulai dipasarkan di Australia.carscoops.com Mitsubishi Eclipse Cross terbaru mulai dipasarkan di Australia.

"Terhitung Maret 2022, kami menghentikan aktivitas impor dan penjualan model Eclipse Cross untuk pasar Indonesia," kata President Director PT MMKSI Naoya Nakamura saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/3/2022)

Padahal bila melihat spesifikasinya, mobil memiliki berbagai aspek yang tak kalah menarik dari pesaingnya seperti Mazda CX-30 ataupun VW T-Cross yang baru saja hadir di Indonesia.

Dimensi Eclipse Cross secara umum, lebih besar dengan panjang 4.405 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.674 mm, dan wheelbase 2.670 mm. Maka, secara singkat mobil memiliki kelegaan yang cukup untuk kendaraan harian.

Tidak hanya itu, tampilannya pun begitu modern dengan bahasa desain khas Mitsubishi yakni Dynamic Shield. Di mana, wajah mobil dilengkapi lampu yang seluruhnya sudah LED, pelek 18 inci, dan dual sunroof.

Baca juga: Mana yang Lebih Irit BBM, Eclipse Cross atau Mazda CX-30

Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di Indonesia

Pada kabinnya, sudah dibekali dengan fitur pemanas kursi untuk bangku depan, Touchpad Controller dekat tuas transmisi, Head Up Display, dan Thin Display Audio.

Tapi memang sayangnya Eclipse Cross belum mendapatkan penyegaran sejak peluncurannya pada 2019, sehingga tampilan interior tidak terkesan baru bila dibandingkan para kompetitor.

Untuk fiturnya, meski tidak banyak tapi mobil berharga Rp 493,75 juta ini sudah dilengkapi Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC).

Baca juga: Selisih Rp 5 Jutaan, Mending VW T-Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di Indonesia

Lalu terpasang juga 7 Airbags, Blind Spot Warning, Active Yaw Control (AYC) Hill Start Assist (HSA), dan Forward Collision Mitigation System (FCM).

Guna mendukung aktivitas sehari-hari, mobil dilengkapi jantung pacu yang lebih besar dari T-Cross tapi masih di bawah CX-30, yaitu MIVEC 4 silinder 1.500 cc dengan performa 150 PS dan torsi 250 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.